Mata Uang Digital Facebook yang Kini Bernama Novi
Logo baru dompet digital facebook (dok. Facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook sepertinya tak menyerah untuk menggarap proyek cryptocurrency atau mata uang digital. Kali ini perusahaan milik Mark Zuckerberg itu mengubah nama dompet digitalnya Calibra menjadi Novi dan akan diluncurkan akhir tahun ini.

Novi sendiri berasal dari gabungan dua bahasa latin, yakni Novus untuk 'baru' dan Via berarti 'jalan'. Sehingga nantinya Novi Financial akan menjadi jalan baru bagi Facebook untuk mengembangkan layanan dompet digitalnya.

Dihimpun dari CNBC Internasional, Rabu 27 Mei, Novi merupakan platform blockchain yang dirancang untuk menawarkan mata uang kripto kepada siapa pun yang menggunakan aplikasi Facebook. Pada proyek sebelumnya layanan dompet digital Facebook ini sempat ditolak berbagai lembaga keuangan dunia, karena berpotensi dimanfaatkan untuk tindak kriminal. 

Layanan uang kripto tersebut adalah bagian penting dari rencana Facebook untuk membuat pembayaran global baru berbasis teknologi blockchain. Sementara saat ini jaringan Novi sedang dikembangkan sedemikian rupa sehingga siapa pun dapat membangun dompet yang kompatibel. Diklaim, Novi akan menjadi penawaran spesial dari raksasa teknologi itu yang berarti bahwa akan menjadi yang mungkin dianut oleh miliaran pengguna Facebook.

Facebook mengumumkan jaringan Calibra Juni lalu dengan harapan meluncurkan cryptocurrency pada 2019, tetapi proyek itu segera terperosok dalam kontroversi politik dan peraturan ketat AS, tak berselang lama para mitranya seperti Visa, Stripe, dan PayPal memutuskan hubungan.

Belum lama ini Novi mendapatkan kembali citra nya saat masih bernama Libra. Platform blockchain milik Mark Zuckerberg itu telah menambahkan raksasa e-commerce Shopify ke dalam daftar mitranya. Facebook juga tampaknya memiliki sebagian regulator dengan mengubah Novi dari satu mata uang global menjadi serangkaian cryptocurrency nasional.

Facebook juga mundur dari rencana awalnya untuk mengubah Novi menjadi jaringan terdesentralisasi seperti Bitcoin, dan sebaliknya berjanji untuk membuatnya lebih terkontrol dengan ketat.

Langkah untuk mengubah nama Calibra juga mengikuti keluhan pada 2019 oleh startup perbankan bernama Current, yang menunjukkan kesamaan mencolok dalam logo kedua merek tersebut.

Namun selanjutnya, versi awal Novi akan diperkenalkan pada beberapa negara ketika Libra sudah mendapatkan izin dan lisensi beroperasi dunia. Novi akan mengizinkan pengguna mengirim uang melalui aplikasi pesan instan milik Facebook yakni Messenger dan WhatsApp.

Diketahui sebelumnya, Facebook menghadapi tekanan yang kuat dari bank sentral dan pemerintah negara-negara maju untuk menghentikan pengembangan Libra. Alasannya, mata uang digital ini memiliki risiko sistemik bila dilihat dari penggunanya. Peristiwa ini sama persis seperti yang dialami oleh platform blockchain milik Telegram yakni Telegram Open Network (TON) yang dijuluki Gram beberapa waktu lalu.