Janji Mendes PDTT Penyaluran BLT Dana Desa Akan Rampung 2 Hari Setelah Lebaran
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mencatat Dana Desa yang tersalur ke Rekening Kas Desa (RKD) sudah 76 persen atau 56.993 desa dari total rencana penyaluran di 74.953 desa. Karena hal itu, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menargetkan, penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa bisa rampung 2 hari setelah Hari Raya Idulfitri atau Lebaran.

"Nah kalau dilihat dari sini mudah-mudahan setelah Lebaran nanti 1-2 hari setelahnya 100 persen desa yang sudah Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) itu dananya tersalur ke keluarga penerima manfaat," ucapnya, dalam video conference bersama wartawan, Jumat, 22 Mei.

Lebih lanjut, Abdul Halim menjelaskan, jika melihat grafiknya penyaluran BLT Dana Desa dari 20 Mei ke 22 Mei terdapat peningkatan lebih dari 14.000 desa.

"Alhamdulillah sudah mulai ada titik temu. Jadi awal-awal itu terjadi kesenjangan yang sangat signifikan di 4 Mei, 11 Mei semakin menjauh, terus kami cari permasalahannya, ketemu. Masalahnya banyak mandeg di tingkat kabupaten, kami melakukan upaya-upaya komunikasi. Allhamdulillah per 18 Mei, mulai naik terus pergeseran penyaluran," katanya.

BACA JUGA:


Dari total 56.993 desa, sebanyak 37.012 desa atau 65 persen desa telah menyalurkan BLT Dana Desa. Sementara itu, desa yang sudah musyawarah desa khusus (Musdesus) dan telah menetapkan calon keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa 56.504 desa atau 99 persen dari 56.993.

Kemudian, desa yang sudah mengelar Musdesus dan telah menetapkan calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM), namun belum menyalurkan BLT sebanyak 19.981 desa atau 35 persen.

"Kalau yang belum Musdesus mungkin kami percepat Musdesusnya, yang sudah Musdesus kami percepat penyalurannya. Kami berharap di bulan Mei ini seluruh desa dan seluruh keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa sudah menerima saluran Dana Desa untuk tahap pertama," jelasnya.

Adapun hingga saat ini, realisasi keluarga penerima manfaat BLT sebanyak 3,80 juta keluarga miskin dengan total anggaran Rp2,28 triliun. Sementara Provinsi yang sudah melakukan penyaluran BLT 100 persen adalah Bali, disusul oleh Gorontalo dengan jumlah 657 desa.

Kemudian, Yogyakarta telah salurkan BLT Dana Desa ke 392 desa. Kepulauan Riau sudah menyalurkan ke 275 desa dan Sulawesi Tengah sebanyak 1.842 desa.

Abdul Halim menyebutkan, jika dilihat dari jumlah desa, desa terbesar berada di Jawa Tengah sebanyak 7.809 desa, kemudian disusul Jawa Timur sebanyak 7.724 desa dan selanjutnya Jawa Barat 5.312 desa.

Terkait