4 Gol ke Gawang Laos Loloskan Garuda Muda ke Semifinal

4 Gol ke Gawang Laos Loloskan Garuda Muda ke Semifinal

Para pemain Indonesia U-23 (PSSI)

Bagikan:

MANILA - Tim nasional Indonesia U-23 lolos ke semifinal SEA Games 2019 setelah mencukup Laos 4-0, Kamis, 5 Desember. Indonesia menjadi runner-up di bawah Vietnam yang pada saat bersamaan bermain imbang 2-2 dengan Thailand.

Vietnam berhak menjadi pemuncak klasemen dengan raihan poin 13, sementara Indonesia berada satu strip di bawahnya dengan selisih satu poin. Adapun Thailand, yang merupakan juara bertahan medali emas sepak bola SEA Games harus pulang lebih awal lantaran hanya menduduki posisi tiga dengan raihan 10 poin.

Pada semifinal yang dimainkan Sabtu mendatang, Garuda Muda akan menghadapi juara Grup A Myanmar. Sedangkan Vietnam akan bertemu Kamboja.

Dalam pertandingan kontra Laos, Indonesia membuka keunggulan melalui Saddil Ramdani saat laga baru berlangsung lima menit. Tim asuhan Indra Sjafri menambah keunggulan pada menit 47 melalui Osvaldo Haay dan penalti Andy Setyo.

Menjelang laga usai, Osvaldo mencetak gol keduanya sekaligus gol keempat untuk Indonesia untuk memastikan lolos ke semifinal.

Duel pemain Indonesia dengan pemain Laos (PSSI)

Sesuai pertandingan, Indra Sjafri tidak bisa menyembunyikan rasa syukurnya lolos ke babak empat besar. Namun ia tidak ingin terlena dengan kemenangan tersebut lantaran hanya punya waktu satu hari untuk istirahat.

"Alhamdulillah, malam hari ini target pertama kita yaitu lolos semifinal telah tercapai. Kita nanti akan melakukan gim lagi di tanggal 7 (Desember 2019)," kata Indra dalam keterangan tertulis yang diterima VOI.

Pertandingan hari ini, lanjut Indra, dimainkan dengan sangat baik meskipun babak pertama sedikit kurang bagus. Hal ini disebabkan beberapa pemain sudah bermain beberapa kali dan ada dua pemain yang masih cedera.

"Tapi perlu kita syukuri dan kita perlu bersiap-siap untuk semifinal dengan interval hanya satu hari. Dan kita akan perlu memberikan recovery untuk bisa bermain lebih," pungkas Indra. 

Susunan pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata, Andy Setyo, Nurhidayat, Bagas Adi, Evan Dimas, Zulfiandi, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay

Laos: Solasak Thilavong, Bounphitak Chanthalasangsy, Kittisak Phomvongsa, Loungleuang Keophovoung, Aphixay Thanakhanty, Kaharn Phetsivilay, Vanna Bounglovongsa, Somsavath Sophabimixay, Somlith Sengvanny, Soukaphone Vongchiengkham, Somxay Keohanam