Google Migrasikan Layanan <i>Play Music</i> ke Aplikasi YouTube Music
Aplikasi YouTube Music (tangkapan layar Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google berencana untuk menyudahi layanan streaming Play Music, pada akhir tahun ini. Sebagai gantinya, Google akan memfokuskan layanan musiknya pada platform YouTube Music. 

Hal ini terjadi karena, layanan streaming musik buatan Google kurang diminati. Belum lagi banyaknya platform kompetitor sejenis, seperti Spotify, Apple Music atau Amazon Music yang lebih memikat penggunanya. 

Menurut Manajer Produk untuk Youtube dan Google Play Music, Brandon Bilinski, keputusan untuk menutup layanan ini tidaklah mudah. Namun peleburan layanan ini diharapkan bisa meningkatkan pengalaman penggunanya saat menikmati musik.

"Selama beberapa tahun terakhir, kami telah meningkatkan pengalaman pengguna terhadap Youtube Music. Untuk itu, kami resmi melakukan migrasi dan mentransfer konten Play Music agar bisa diputar ke YouTube Music sebagai rumah baru," tulis Bilinski seperti dikutip laman blog resmi Youtube.

Dikutip dari Mashble, Google juga telah menyematkan fitur transfer pada pembaruan terakhir Play Music. Sehingga pengguna bisa memindahkan daftar koleksi musik, playlist, dan lagu yang telah diunduh di Play Music ke aplikasi YouTube Music. 

Migrasi aplikasi YouTube Music (dok. YouTube)

Namun perlu diingat, untuk melakukan perpindahan data, pengguna harus mengunduh aplikasi YouTube Music terlebih dahulu. Bagi pengguna yang telah berlangganan di Google Play Music Unlimited, mereka akan secara otomatis mendapat layanan yang sama dengan YouTube Premium.

"Kami ingin memastikan semua orang punya waktu untuk mentransfer konten dan terbiasa dengan Youtube Music. Jadi kami akan memberikan banyak pemberitahuan sebelum pengguna tidak lagi memiliki akses ke Google Play Music akhir tahun ini," lanjut dia.

Google Play Music sejatinya merupakan aplikasi bawaan di ponsel Android. Sedangkan YouTube Music merupakan aplikasi streaming musik milik Google yang mirip dengan Spotify. 

Sebenarnya kedua aplikasi ini telah memiliki banyak pengguna. Namun bila Google Play dan Youtube Music digabungkan, jumlah pengguna berbayar aplikasi ini bisa mencapai 20 juta pelanggan, sebagaimana dirangkum Tech Crunch.

Untuk berlangganan, YouTube Music Premium mematok harga sekitar Rp49.000 per bulan. Sementara Spotify dan Apple Music sama-sama mengenakan biaya kurang lebih Rp178 ribu per bulan, di mana pengguna bisa mendengarkan musik secara gratis tetapi diselingi iklan.