Sedang memuat podcast...

Hari Keluarga Internasional (laman resmi PBB)

Bagikan:

JAKARTA - International Day of Families atau Hari Keluarga Internasional dirayakan setiap tahun pada tanggal 15 Mei. Peringatan ini ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1993 dan mulai berlangsung sejak 1994.

Hari Keluarga Internasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang masalah yang berkaitan dengan keluarga. Selain itu bertujuan juga untuk meningkatkan pengetahuan tentang proses sosial, ekonomi dan demografi yang memengaruhi keluarga. Keluarga dipercaya adalah elemen terpenting dari masyarakat dan solidaritas sosial. Hari Keluarga Internasional diwakili dengan simbol hati yang tersambung dengan bentuk atap rumah di bagian atasnya di dalam lingkaran hijau.

Selanjutnya mulai tahun 1996, PBB memberi tema tahunan di setiap peringatan. Tema resmi untuk beberapa tahun belakangan ini adalah Families, healthy lives and sustainable future (2016), Families, education and well-being (2017), Families and inclusive societies (2018), dan Families and Climate Action: Focus on SDG13 (2019). Untuk peringatan tahun ini, tema yang diambil adalah Families in Development: Copenhagen & Beijing + 25.

Masih dengan euforia peringatan di tengah pandemi COVID-19, tema tahun ini juga berkaitan dengan pentingnya peran keluarga memerangi kondisi saat ini dan dampak yang dibawanya. Peringatan tahun ini pun dirayakan secara virtual.

25 tahun yang lalu, konferensi Beijing dan Copenhagen membahas soal pentingnya keluarga dan perannya dalam pembangunan sosial. Tema ini yang ditekankan oleh PBB dalam perayaan Hari Keluarga Internasional 2020. Sebuah keluarga menjadi pondasi pertama dalam pengembangan hukum dan norma sosial. Keluarga juga menjadi tempat untuk berpulang saat merasa sedih dan menenangkan rasa sakit. Maka dari itu keluarga adalah sumber untuk mengatasi ketakutan sosial dan individu seperti yang kerap dialami masyarakat di tengah pandemi ini. Beban ekonomi yang mengancam sebagian besar masyarakat akibat pandemi ini juga dapat diatasi bersama keluarga.

Melalui siniar VOI, kami mengucapkan selamat Hari Keluarga Internasional. Silakan tekan tombol dengarkan.