Aktifkan Sleep Timer Spotify Kalau Suka Ketiduran Sembari Mendengarkan Musik

Aktifkan <i>Sleep Timer</i> Spotify Kalau Suka Ketiduran Sembari Mendengarkan Musik

Ilustrasi Spotity (StockSnap/Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan pemutar musik Spotify, memperbarui fiturnya dengan menyematkan sleep timer bagi pengguna iOS. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menonaktifkan Spotify secara otomatis sebelum penggunanya tertidur, ketika sedang mendengarkan lagu.

Dilansir dari Endgadget, fitur sleep timer Spotify ini didasari dari kecenderungan penggunanya yang kerap memutar lagu selama lebih dari enam jam. Tak jarang Spotify terus menyala sekalipun penggunanya sudah tertidur. 

Sementara menurut Sleep Advisor, mendengarkan musik selama berjam-jam saat tidur bisa mempengaruhi kinerja otak dan psikologis penggunanya. Misalnya, detak jantung dan pernafasan yang seharusnya beristirahat, malah akan berdegup lebih cepat seirama dengan tempo lagu yang didengarkan.

Tidur sambil mendengarkan lagu (sweetlouise/Pixabay)

Meski begitu, mendengarkan musik sebelum tidur memang dipercayai bisa meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak. Ini terjadi, seperti anak kecil yang biasa dinyanyikan lagu pengantar tidur oleh orang tua mereka. 

Spotify melihat segala kebiasaan dan kemungkinan perangkatnya digunakan oleh penggunanya. Itulah yang mendasari Spotify untuk menghadirkan fitur sleep timer. 

Cara mengaktifkan fitur ini juga terbilang mudah, Cukup buka layar Now Playing sambil mendengarkan lagu, ketuk tiga titik di sudut kanan atas, lalu pilih opsi "Sleep Timer". Anda dapat mengatur timer antara 5 menit dan 1 jam.

Untuk sementara waktu, fitur ini baru akan hadir dalam pembaruan Spotify di iOS. Fitur semacam ini juga bisa ditemui di Apple Music, hanya saja timer musik ini tidak seperti Spotify tentunya karena cuma bisa diatur dari aplikasi Apple Watch di iPhone atau iPad dengan opsi "Stop Playing" di menu "When Timer Ends".