11 DPD dari 34 Provinsi Bulat Dukung Airlangga

11 DPD dari 34 Provinsi Bulat Dukung Airlangga

Sejumlah kader Partai Golkar menerima LPJ Airlangga Hartarto dan memberikan dukungan untuknya jadi ketua umum Partai Golkar periode 2019-2024 (

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 11 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I Partai Golkar menyatakan dukungannya terhadap Airlangga Hartarto untuk kembali menjadi ketua umum Golkar periode 2019-2024.

Dukungan ini diawali DPD Partai Golkar Sulawesi Utara menyatakan menerima laporan pertanggungjawaban kepengurusan Airlangga. Selain menerima LPJ ini, Ketua DPD Sulut Tetty Paruntu juga menyatakan dukungannya buat Airlangga.

"Kami menyatakan dukungan sepenuhnya kepada Pak Airlangga menjadi ketua umum DPP Golkar periode 2019-2024 dalam munas ke X 2019," kata Tetty di dalam acara Munas X Golkar, di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu, 4 Desember.

Tetty menambahkan, Sulut memiliki 16 suara dalam Munas X Golkar. Sebanyak 15 di antaranya merupakan suara DPD tingkat II atau kabupaten/kota. Semuanya memberikan dukungan kepada Airlangga.

Selain Sulut, dilanjutkan oleh DPD Partai Golkar Jawa Barat, Sumatera Utara, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua. Kemudian, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Papua Barat, Bengkulu, dan Maluku Utara yang juga menyampaikan pandangan umumnya terhadap LPJ Airlangga.

Sekitar pukul 12.30 WIB, rapat pandangan umum ditunda hingga pukul 13.30 WIB. Pimpinan sidang Azis Syamsuddin menutup rapat ini. 

"Memohon persetujuan dalam forum munas ke X kita skors sampai 13.30 WIB, bisa disepakati?" ucap Azis disambut persetujuan peserta munas.

Baliho pelaksanaan Munas X Partai Golkar (Mery Handayani/VOI)

Dukungan melebar hingga ke bursa capres

Munas kali juga memunculkan wacana Airlangga jadi calon presiden dari Partai Golkar pada 2024. Setidaknya ada empat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I Golkar yang ingin Airlangga jadi capres 2024.

Ketua DPD Golkar Sulawesi Utara Tetty Paruntu yang pertama mengatakan. Dia berharap Airlangga tidak hanya bersedia dicalonkan sebagai ketum Golkar periode 2019-2024 tapi juga jadi capres Golkar 2024.

"Kami siap memenangkan Pak Airlangga untuk pemilihan presiden yang akan datang," kata Tetty.

Ketua DPD Golkar Sumatera Utara Ahmad Doli Kurnia juga menyampaikan hal yang sama. Doli mengatakan kader Golkar Sumatera Utara menghendaki Airlangga maju sebagai capres Golkar pada 2024.

"Munas penting merekomendasikan Golkar punya calon pilpres 2024. Kita utamakan Ketum kita Bapak Airlangga Hartarto," ucap Doli.

Kemudian, Ketua DPD Golkar Gorontalo Ruslie Habibie yang bilang telah bosan mendukung capres dari partai lain. Karenanya dia ingin Airlangga maju jadi capres 2024.

"Kami akan berusaha beliau (Airlangga) jadi calon presiden 2024. Agar kita tidak menghabiskan waktu mendorong kader lain jadi presiden Republik Indonesia," ucap Ruslie.

Ketua DPD Golkar Nusa Tenggara Timur Melki Laka Lena juga menyatakan siap mendukung Airlangga untuk jadi capres. Ia berharap pengusungan Airlangga menjadi capres 2024 bisa diputuskan dalam forum munas kali ini.

"Agar kita bisa lakukan musyawarah daerah dan sosialisasikan capres kita Pak Airlangga," ungkap Melki.

Golkar menggelar Munas X hingga 6 Desember 2019. Salah satunya agendanya yaitu memilih Ketum Golkar periode 2019-2024. Hingga berita ini ditulis, acara Munas X terkait dengan penyampaian pandangan umum belum dimulai kembali, setelah sebelumnya sempat di skors untuk istirahat dan Salat Zuhur.

Tag: politik