50 Orang Bakal Bisa Nimbrung di <i>Video Call</i> WhatsApp
Ilustrasi aplikasi WhatsApp (Photo by Mika Baumeister on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp berencana untuk meningkatkan layanan grup call-nya untuk bisa menampung lebih banyak partisipan dalam satu panggilan. Caranya dengan mengintegrasikan layanan WhatsApp dengan Facebook Messenger Rooms.

Dikutip dari Techradar, Facebook berencana mengintegrasikan layanan WhatsApp Grup Call dengan Messenger Rooms. Opsi ini memungkinkan WhatsApp untuk menambah jumlah partisipan dalam video callnya hingga 50 orang. 

Hal itu memungkinkan karena Messenger Rooms, bisa melakukan lintas platform saat melakukan video conference. Bahkan orang yang tidak memiliki akun Facebook pun bisa ikut bergabung sebagai peserta, dengan mengakses link yang dibagikan. 

Kolaborasi layanan ini memungkinkan untuk dilakukan, terlebih WhatsApp yang sudah memperbarui aplikasinya. Hal ini terlihat pada menu shortcuts icon yang ada di WhatsApp maupun Messenger Rooms. 

Bocoran integrasi WhatsApp (WABetainfo)

Sayangnya kolaborasi layanan ini masih belum bisa dalam tahap pengembangan. Bila tak ada halangan integrasi layanan akan segera hadir pada pembaruan WhatsApp versi 2.2019.6 untuk iOS dan Android pada versi 2.20.139, sebagaimana dirangkum dari WABetainfo.

WhatsApp bukan satu-satunya layanan Facebook yang akan terintegrasi dengan Messenger Rooms. Bocoran lain menyebutkan Instagram juga akan mendapat fitur panggilan video yang terintegrasi dengan Messenger Rooms.

Sebelumnya, CEO sekaligus Founder Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa platform media sosial semakin dibutuhkan untuk menghubungkan keluarga dan kerabat, satu dengan lainnya. "Komunitas kami semakin banyak beralih ke Messenger dan WhatsApp untuk tetap terhubung." 

"Pada Messenger dan WhatsApp, ada 700 juta akun berpartisipasi dalam panggilan suara setiap harinya dan jumlah ini meningkat lebih dari dua kalinya sejak pandemi corona dimulai. Dalam beberapa kasus, jumlah panggilan video grup meningkat lebih dari 10 kalinya,"

Cara Melakukan Panggilan WhatsApp 8 Orang Sekaligus

Seperti diketahui, WhatsApp telah meningkatkan layanan grup call-nya menjadi delapan orang. Adapun cara menggunakan layanan ini, masih sama seperti melakukan panggilan telepon di WhatsApp.

Cara pertama, dengan menambahkan partisipan dalam satu panggilan bersama secara manual. Melalui ikon '+' di kanan atas panggilan suara. 

Sedangkan cara kedua, dengan melakukan panggilan otomatis melalui grup WhatsApp. Langkah selanjutnya tinggal memilih anggota grup yang akan diikut sertakan dalam grup call.

Panggilan grup WhatsApp video call, sudah tersedia untuk pengguna sistem Android dan iOS. Pengguna sebaiknya mengupdate WhatsApp terlebih dulu menjadi versi 2.20.141 untuk Android dan 2.20.50 untuk iOS.