Instagram Hapus Versi Ringan dari Aplikasinya
Ilustrasi aplikasi Instagram (Image by Webster2703 from Pixabay )

Bagikan:

JAKARTA - Sekitar dua tahun lalu, Instagram merilis versi ringan dari aplikasinya yang disebut Instagram Lite. Namun kini, Instagram versi Lite itu sudah dihapus keberadaannya dari Google Play Store.

Dikutip Tech Crunch, versi ringan yang lebih hemat kuota data dari Instagram itu sudah tak lagi tersedia di sejumlah negara, seperti Kenya, Meksiko, Peru dan Filipina, sejak April lalu. Pengguna aplikasi ini, juga mendapatkan pesan yang menjelaskan "Instagram Lite sudah tak lagi mendapat dukungan."

Itu artinya Instagram Lite sudah tak lagi mendapat pembaruan aplikasi maupun penambahan fitur. Keputusan ini menyusul, dengan permintaan juru bicara Facebook yang menyarankan penggunanya untuk pindah ke Instagram versi baru atau normal.

"Anda bisa menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru untuk tetap terhubung dengan orang dan sesuatu yang Anda sukai," kata perwakilan Instagram, Selasa, 12 Mei.

Sejatinya, Instagram versi Lite ini banyak digunakan di negara-negara berkembang yang masih banyak menggunakan smartphone entry-level. Ukuran aplikasi yang terbilang ringan dan lebih hemat dalam konsumsi data internet, membuat Instagram Lite digemari banyak orang. 

Tak hanya itu, aplikasi Instagram Lite juga bisa dijalankan pada smartphone dengan spesifikasi kentang atau rendah sekali pun. Pengguna Instagram Lite juga masih bisa mengunggah foto ke feed atau story, dan mengeksplorasi unggahan secara terbatas.

Mengutip data Sensor Tower, pengguna aplikasi yang dirilis pada 2018 itu cukup digemari warganet. Lantaran ukuran aplikasi yang lebih ringan dan tidak memakan kapasitas memori lebih sedikit dari versi normalnya. 

Kehadiran aplikasi ini disebut menjadi cara Instagram untuk merengkuh pasar lebih luas, terutama di negara berkembang. Cara yang sama dan pernah dilakukan induk perusahaan Instagram, Facebook, dengan merilis Facebook Lite dan Messenger Lite.