Pembaruan Android 10 Bikin Motorola Razr Makin Ciamik
Motorola Razr (Tangkapan layar YouTube Motorola)

Bagikan:

JAKARTA - Motorola akhirnya mendapatkan pembaruan sistem operasi (OS) Android 10 untuk smartphone Razr. Sebab, ketika diluncurkan pertengahan tahun lalu, Motorola Razr masih menggunakan OS Android Pie.

Pembaruan OS Android untuk Motorola Razr terbilang cukup terlambat, bila dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Apalagi Samsung Galaxy Z Flip yang juga mengusung konsep desain ponsel layar lipat, justru sudah didukung OS Android 10. 

Meski begitu, Android memberikan sejumlah peningkatan fitur yang telah disesuaikan untuk mendukung kinerja ponsel berdesain layar lipat. Secara signifikan pembaruan Android 10, telah meningkatkan fungsi dari layar kedua yang dimiliki Motorola Razr.

Dirangkum dari Endgadget, sejumlah fitur yang ada di Android 10 seperti mode gelap hingga gesture mode juga telah disesuaikan pada perangkat Motorola Razr. Android juga mengoptimalkan fungsi dari eksternal Quick View berukuran 2,7 inci yang ada di Motorola Razr.

"Kami telah menetapkan standar untuk tampilan eksternal pada perangkat yang dapat dilipat, tetapi kami menggerakkannya lebih tinggi. Saat kami mendorong batasan inovasi dengan perangkat yang dapat dilipat, kami akan terus memprioritaskan dan meningkatkan pengalaman pada tampilan Quick View kami untuk pengalaman yang paling intuitif, menyenangkan, dan mulus," ungkap pihak Motorola.

Nantinya pengguna Razr, bisa dengan mudah untuk mengakses daftar kontak dan melakukan panggilan dengan hanya mengusap ke kiri pada layar eksternal. Fitur lain yang disematkan juga telah mendukung fungsi cepat ketika membalas pesan atau smart reply. Jadi pengguna tidak harus membuka ponsel untuk membalas pesan masuk.

Tak lupa Motorola menambahkan akses mode, pada penggunaan kamera depan Motorola Razr. Mode kamera Group Selfie, Portrait Mode, dan Spot Color juga bisa digunakan sekali pun ponsel dalam keadaan tertutup.  

Fitur ini juga mendukung akses dari berbagai aplikasi untuk bisa ditampilkan pada layar kedua Motorola Razr, seperti Google Maps dan streamer musik seperti Spotify, YouTube Music, dan Pandora. 

Jika dibandingkan dari segi layar Quick View eksternal, Motorola Razr lebih unggul ketimbang Galaxy Z Flip. Motorola memiliki keunggulan besar pada Razr, yakni panel OLED 2,7 inci yang memiliki resolusi 600 x 800. Sedangkan, Galaxy Z Flip, memiliki layar Super AMOLED eksternal yang hanya berukuran 1,1 inci.

Pembaruan Android 10 untuk Motorola Razr 2019 akan mulai diluncurkan secara global hari ini. Pabrikan ponsel tersebut akan mengumumkan ketersediaan lokal ketika pembaruan siap di pasar yang berbeda. Di AS, ponsel layar lipat Motorola adalah eksklusif milik Verizon.