Tak Perlu Mengernyit untuk Mendengarkan Single Anyar Base Jam

Tak Perlu Mengernyit untuk Mendengarkan Single Anyar Base Jam

Base Jam (Dok. Base Jam)

Bagikan:

JAKARTA - Di usianya yang ke-25 - dengan formasi baru dan pastinya semangat bermusik yang tetap menggebu-gebu - Base Jam yang kini diawaki Aris (gitar), Alvin (vokal), Sita (bass), Sigit (vokal), Oni (gitar) dan Alsa (drum) merilis single anyar bernuansa pop ballad berjudul Jalan Kita Berbeda.

Lagu ini terinspirasi dari kehidupan sehari-hari. Sebuah kisah cinta yang dalam tapi tak berakhir dengan kebersamaan. Meskipun rasa itu masih tersisa serta sebuah pemahaman bahwa perbedaan bukan suatu masalah. 

"Mungkin karena berbeda kita enggak bisa bersama, enggak bisa saling memiliki tapi bukan berarti kita jadi bermusuhan,” kata Alvin, pencipta lagu ini, dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Senin, 2 Desember. 

“Beberapa single yang kami rilis sebelumnya ber-tempo upbeat. Jadi mudah-mudahan lagu ini bisa mengobati rasa rindu Base Jam Friends (sebutan penggemar Base Jam) dan penikmat musik Indonesia dengan lagu slow-nya Base Jam,” tambah Sita.

Musik yang ditawarkan di lagu ini memang dibuat untuk mudah dinikmati dengan lirik lagu yang sederhana dan tetap mengandung makna yang dalam khas lagu-lagu Base Jam. Tidak membuat orang mengernyitkan dahi saat mendengarkannya tapi juga jauh dari kesan seadanya.

“Kami pengin semua kalangan bisa nikmatin lagu ini. Enggak cuma Base Jam Friends yang sudah bersama kami selama ini, tapi (kalangan) milenial yang mungkin belum familiar dengan Base Jam juga bisa terwakili, yaa minimal terhibur dengan lagu Jalan Kita Berbeda,” jelas Aris.

Selain single baru, Base Jam juga akan merilis sebuah memorabilia untuk menandai 25 tahun mereka berkarya. Semacam merchandise yang layak dikoleksi Base Jam Friends atau siapa pun yang menghargai usaha, perjuangan, persahabatan dan karya-karya Base Jam selama 25 tahun ini. 

"Kami harap akan terus ada 25 tahun berikutnya dan berikutnya lagi,” pungkas Oni.

Terbentuk 15 Januari 1994 dari keinginan setiap personelnya untuk mempunyai karya musik sendiri, Base Jam berhasil merilis album pertama berjudul Bermimpi pada 1996. Setelah itu album dan lagu-lagu mereka selalu mewarnai dunia musik Indonesia.

Singkat cerita, akhir September 2019, vokalis Adon Saptowo mengundurkan diri dari band yang membesarkannya. Melalui akun Instagram-nya, pemilik suara melengking itu mengunggah surat bertajuk My New Journey sebanyak 13 lembar.

Sekitar sepekan berselang, Base Jam mengumumkan kepulangan mantan vokalisnya, Sigit Wardana yang sempat hengkang pada 2006 untuk bersolo karier. Sigit didaulat sebagai pengganti Adon dan tandem Alvin.

“Base Jam adalah rumah yang isinya saudara-saudara gue. Kalau mereka butuh, ya gue harus siap untuk pulang ke rumah dan berjuang bersama-sama lagi,” kata Sigit saat itu.

Selain itu, Base Jam juga menambahkan seorang drumer perempuan ke dalam formasi mereka. Dia adalah Jeane Phialsa, drumer Erwin Gutawa Orchestra, yang sudah menjadi drumer additional Base Jam untuk kebutuhan panggung sejak empat tahun lalu.

 

Tag: Musik