Facebook Punya Messenger Rooms Tempat Alternatif Kumpul-Kumpul <i>Online</i>
Facebook Messenger Rooms (dok. Facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Platform sosial media Facebook punya fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk ber-video call ke banyak orang secara bersamaan. Layanan video conference ini dinamakan Messenger Rooms, dan siap menjadi penantang bagi Zoom, Google Meet atau Skype.

Dikutip dari The Verge, sejatinya fitur video call atau video conference sedang banyak dipergunakan seiring pandemi COVID-19 di berbagai negara. Di mana masyarakat memanfaatkan layanan tersebut untuk bekerja, belajar atau sekadar bertemu kumpul-kumpul secara virtual. 

"Panggilan video kami berlipat ganda, dan ketika kami melihat penggunaan panggilan grup, itu naik lebih tinggi. Jadi kami menemukan cara untuk membangun hal-hal itu lebih cepat," kata Head of Messenger, Stan Chudnovsky, Minggu, 26 April.

Facebook Messenger Rooms (dok. Facebook)

Layanan Facebook Messenger Rooms menawarkan penggunanya untuk melakukan video conference dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang dalam satu panggilan. Layaknya aplikasi sejenis, pengguna Facebook menggunakan layanan ini secara gratis dalam melakukan panggilan video online.

Di Messenger Rooms, pengguna dapat menggunakan filter AR (augmented reality). Sehingga tampilan latar ruang obrolan jadi lebih interaktif, termasuk opsi background 360 derajat maupun efek 3D.

Menariknya layanan Messenger Rooms ini dapat terintegrasi melalui Instagram Direct, WhatsApp baik aplikasi maupun versi portalnya. Sehingga partisipannya bisa gabung meskipun tak punya akun Facebook. 

Sebagai kreator atau Host Messenger Rooms, Facebook juga memberikan kebebasan untuk mengatur partisipan dalam ruang obrolan. Termasuk mengunci ruang obrolan dan menyingkirkan partisipan yang dianggap mengganggu. Mengingat aksi Zoombombing yang kerap mengganggu pertemuan di aplikasi Zoom. 

Soal keamanan, Messenger Rooms menggunakan teknologi yang sama untuk mengenkripsi percakapan video dan audio antara pengguna. "Semua layanan akan menggunakan enkripsi end-to-end di seluruh layanan pengiriman pesan," imbuh Chudnovsky.

Selain merilis Rooms, Facebook Live juga mendapat pembaruan fitur yakni Live With. Fitur ini mirip yang sudah ada di Instagram, di mana pengguna bisa mengajak pengguna lain untuk siaran langsung bersama. 

Tak lupa WhatsApp dan Instagram juga mendapatkan pembaruan fitur. Dalam blog resminya, WhatsApp sudah bisa menambahkan jumlah panggilan grup hingga delapan orang secara bersamaan. Di mana sebelumnya, jumlah peserta WhatsApp Call maksimal hanya empat orang. 

Sementara untuk Instagram, pengguna bisa mengunggah siaran langsung di IGTV maupun Instagram Story setelah mereka selesai mengadakan Live Streaming. Artinya, video live tersebut tidak hilang dan bisa ditonton tidak hanya dalam 24 jam.