Hari Perayaan OPM, Papua Dibilang Kondusif

Hari Perayaan OPM, Papua Dibilang Kondusif

Apel pengamanan jelang 1 Desember( Foto: Tribratanews.papua.polri.go.id)

Bagikan:

JAYAPURA - Hari ini, Minggu, 1 Desember, situasi keamanan di Papua dalam kondisi kondusif, aman dan terkendali. 1 Desember merupakan hari perayaan Organisasi Papua Merdeka (OPM), kelompok yang berjuang memisahkan Papua dari NKRI.

Dilansir Antara, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, tidak ada aktivitas yang menonjol yang terjadi hingga pukul 10.00 WIT. Polisi, kata dia, juga tidak mengizinkan berbagai bentuk kegiatan masyarakat dalam memperingati HUT OPM.

Polda Papua mengerahkan 1.300 personel untuk mengamankan 1 Desember. Sejumlah wilayah menjadi prioritas pengamanan, terutama kawasan pegunungan tengah dan wilayah operasi PT. Freeport mengingat masih adanya kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang senantiasa mengganggu warga sipil dan aparat keamanan, aku Kapolda Papua.

Sementara, aktivitas perekonomian warga di Kabupaten Biak Numfor, Papua berjalan normal tidak tidak terpengaruh dengan informasi isu 1 Desember. Dari pantauan Antara, aktivitas masyarakat berjalan normal.

"Sejak pagi saya berjualan lancar dan aman melayani pembeli," ucap Masyuri, salah satu pedagang makanan di jalan imam Bonjol Biak, Minggu, 1 Desember.

Ia mengatakan, para pedagang hanya fokus berjualan makanan kepada masyarakat untuk menambah penghasilan keluarga. Masyuri menambahkan, warga Biak ingin suasana aman, nyaman dan damai di daerah mereka.

Sementara, pantauan di pasar Inpres dan pasar ikan, sebagian besar pedagang sudah mulai membuka lapak tempat berjualan sayur mayur, buah sirih pinang, beragam jenis makanan serta bahan pokok kebutuhan menyambut hari raya Natal.

Aparat keamanan Polri-TNI juga tampak dengan rutin melakukan patroli bersama untuk memberikan rasa aman dan nyaman di tengah kehidupan masyarakat setempat.

Hingga pukul 11.00 WIT di berbagai ruas jalan kota Biak tampak lenggang dari kendaraan karena sebagian jemaat denominasi gereja masih melakukan ibadah Minggu di jemaat gereja setempat.

Tag: papua