Inggris Bakal Gratiskan Siaran Langsung Liga Premier
Derby Manchester (TWitter @premierleague)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kebudayaan Inggris Oliver Dowden berencana untuk menggratiskan siaran langsung seluruh pertandingan ketika Liga Premier kembali dari masa penangguhan akibat pandemi COVID-19 

Melansir Soccerway, Kamis, 23 April, Dowden menyebut dirinya telah melakukan pembicaraan dengan organisasi olahraga Inggris tentang dimulainya kembali kompetisi tersebut.

Ia mengatakan kepada Komite Departemen Digital, Budaya, Media dan Olahraga, ketika Liga Premier dilanjutkan, maka yang paling memungkinkan adalah pertandingan di stadion tertutup demi menahan penyebaran virus. 

Namun juga penting bagi orang-orang untuk menonton pertandingan secara langsung bagaimana pun caranya.

"Saya telah mengatakan kepada Liga Premier bahwa bukan hal terbaik jika sepak bola ini sebagai salah satu olahraga utama kembali dimainkan di stadion tertutup dan masyarakat luas tidak bisa memiliki akses ke sana," kata Dowden.

Ia memaklumi jika olahraga ini bergantung pada pendapatan yang mereka peroleh dari kesepakatan hak siar. Karenanya olahraga ini harus bisa memiliki elemen melindungi pendapatan dari siaran tetapi juga mencari cara untuk meningkatkan akses.

Sejauh ini Liga Premier sedang mempertimbangkan hal tersebut. Stasiun televisi Sky, BT, dan Amazon memegang hak untuk menampilkan pertandingan Liga Premier secara langsung, sementara hanya highlight pertandingan yang tersedia di BBC secara gratis.

Liga Premier ditangguhkan sejak bulan lalu karena pandemi dan pemerintah meminta masyarakat setempat untuk tinggal di rumah demi membantu pencegahan penyebaran virus.