Charli XCX dan Lauv Unjuk Kreativitas Lewat Video Musik
Lauv (Twitter @lauvsongs)

Bagikan:

JAKARTA - Musisi punya berbagai cara untuk tetap menghibur di tengah pandemi COVID-19, Charli XCX dan Lauv misalnya. Masing-masing dari mereka baru saja merilis video musik untuk lagu tunggal (single) terbaru. 

Lauv melepas Modern Loneliness dari album ~how i’m feeling~ sedangkan Charli menampilkan Forever dari album how i’m feeling now. Kemiripan judul albumnya bukan berarti kedua artis melakukan plagiarisme satu sama lain. Hanya saja, mereka merasakan kondisi yang sama.

Modern Loneliness menjadi curhatan Lauv mengenai kehidupannya yang terasa kosong. Kesendirian yang saat ini bertransformasi menjadi sebuah fenomena di mana hidup tetap berjalan normal tetapi jika ingin cerita kepada teman, mereka tidak selalu ada untuk Anda.

Dengan nuansa pop, penyanyi kelahiran 8 Agustus tersebut merekam suasana kesendiriannya menggunakan konsep aplikasi di dalam gawai. Kekosongan diisi Lauv dengan bermain di Instagram, Facetune, sampai Twitter. Aksinya benar-benar menggambarkan aktivitas yang dilakukan orang-orang selama masa karantina. Lauv juga menyebutkan lagu Modern Loneliness merupakan lagu favoritnya dari album ~how i'm feeling~.

Charli XCX juga menampilkan hal yang serupa. Selama masa karantina, Charli banyak melakukan produksi musik hingga membentuk sebuah album. Single pertamanya, Forever dirilis pada Jumat, 18 April sebagai pembuka album barunya.

Synth pop menjadi andalan Charli XCX dengan permainan synthesizer dan lo-fi. Forever mengisahkan cinta sejati yang selalu diingat meskipun hubungannya mulai ‘menghilang’ atau mereka tidak bersama secara fisik.

Pelantun Boom Clap ini mengajak penggemar untuk mengirimkan video mereka sebelum dan sesudah mengalami isolasi. Ia menerima lebih dari 5 ribu kiriman video singkat yang berisi perjalanan para penggemar mulai dari potongan konser, perjalanan ke pantai, yang kemudian bertransformasi menjadi keseharian di dalam rumah. Kemudian ia menggabungkan kiriman video menjadi satu video musik.

Seluruh trek yang dibuat selama masa karantina akan dilepas secara resmi oleh Charli XCX pada 15 Mei mendatang. Ia juga memberitahu penggemar proses pembuatan album melalui streaming baik dari pembuatan nada sampai visual. Album baru Charli XCX digarap bersama BJ Burton dan A.G. Cook.

Di masa sulit seperti ini, menjadi produktif adalah hal yang selalu diharapkan untuk bisa dilakukan. Tidak terkecuali para musisi yang harus menghentikan aktivitas manggung karena COVID-19. Lauv dan Charli XCX adalah satu dari musisi yang memilih tetap kreatif di tengah pandemi.