Rupiah Jumat Dibuka Menguat 100 Poin ke Level Rp15.540 per Dolar AS
Ilustrasi. (Foto: Bank Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah dibuka menguat pada perdagangan Jumat 17 April. Rupiah dibuka menguat 0,64 persen atau 100 poin menjadi Rp15.540 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, pagi ini pasar diliputi sentimen positif untuk aset berisiko dengan adanya rencana pembukaan lockdown untuk mengaktifkan perekonomian oleh sebagian negara Eropa dan AS karena penyebaran wabah yang mulai melandai.

"Presiden Donald Trump mengumumkan panduan pembukaan lockdown yang terdiri dari 3 fase. Sebanyak 29 negara bagian bisa mulai membuka lockdown dalam waktu dekat," ujar Ariston kepada VOI.

Selain itu, sentimen positif juga datang dari berita kemajuan pembuatan obat COVID-19 oleh salah satu perusahaan AS, Gilead Sciences.

Beberapa sentimen positif di atas mungkin bisa menutupi sentimen negatif yang mungkin datang dari data GDP China kuartal I 2020 yang diprediksi minus 6,2 persen dan data produksi Industri China bulan Maret yang diprediksi turun 7 persen.

"Rupiah berpotensi menguat hari ini dengan potensi penguatan ke kisaran Rp15.450.15.700 per dolar AS," ujarnya.