14 Tahun Super Junior Berkarier di Industri K-pop

14 Tahun Super Junior Berkarier di Industri K-pop

Boyband Super Junior

Bagikan:

JAKARTA - Kemarin, Boyband asal Korea Selatan, Super Junior merayakan 14 tahun berkarier di industri musik. Bukan waktu yang sebentar untuk sebuah grup, apalagi setiap tahun, banyak grup-grup baru yang bermunculan. 

Super Junior adalah sebuah grup yang diprakarsai Lee Soo Man, produser sekaligus pendiri agensi SM Entertainment. Dengan 13 member pertamanya, Super Junior menggebrak asia melalui album pertamanya berjudul Sorry di tahun 2009. Lagu itu hits di zamannya, dengan gerakan koreografi yang menggesek-gesekkan kedua tangannya.

Waktu terus berjalan. Para personel Super Junior mendapat kesempatan untuk mengeksplor di bidang lain selain bersama Super Junior. Tentunya itu sebuah hal baik karena bisa meningkatkan kepopuleran dan mengembangkan bakat-bakat mereka. Ada banyak acara serta lagu yang mereka rilis, tetapi VOI akan memberikan rekomendasi untuk kalian. Simak di sini!

Boyband Super Junior

 

Leeteuk

Leeteuk sebagai leader Super Junior memang benar-benar seorang leader. Sejak didapuk sebagai MC regular di acara Strong Heart, Leeteuk menjadi langganan pembawa acara di berbagai acara penghargaan maupun variety show. Kemampuannya dalam memikat penonton serta mengenal berbagai bintang tamu membuatnya lebih sering muncul dalam memimpin acara. 

Leeteuk juga pernah bermain di acara variety show, seperti We Got Married. Acara itu menampilkan hubungan antara publik figur dan berakting pacaran. Saat itu, pasangan Leeteuk adalah Kang So Ra, aktris Korea yang menjadi istri pura-puranya. Chemistry mereka berdua dinilai penonton sangat romantis.

 

Heechul

Rajanya variety show Korea, Heechul sering menjadi panel regular dan aktif dalam grup Super Junior. Tetapi kecelakaan yang dialaminya di tahun 2006 mematahkan kakinya sehingga sampai saat ini Ia masih menerima perawatan dan tidak bisa tampil penuh dengan Super Junior untuk konser dan sebagainya. 

Tapi tidak banyak yang menyadari bahwa Heechul memiliki suara yang tinggi sehingga banyak lagu dengan genre bervariasi yang bisa nyanyikan. Di tahun ini, Heechul memberikan suaranya untuk lagu Old Movie, sebuah tunggal yang didominasi dengan gitar dan piano serta suara Heechul yang merdu.

 

Yesung

Menjadi unit vokal dalam Super Junior, Yesung diberi kesempatan sebagai penyanyi solo dengan merilis beberapa single dan album. Tetapi, kalian juga harus tahu, Yesung memiliki kemampuan akting yang mumpuni. Aktingnya sebagai teroris sadis dalam drama korea Voice di tahun 2017 perlu kamu simak. Walaupun bukan sebagai pemeran utama, tetapi kemunculannya dalam drama tersebut menyita perhatian warganet.

 

Shindong

Si penari Super Junior ini dikenal dengan kemampuannya dalam berkoreo di grup tersebut. Tetapi, jangan lupakan Shindong memiliki proyek solo bersama grup UV. Ada beberapa single yang dirilis Shindong dan UV di bawah SM Station, proyek SM Entertainment untuk merilis lagu-lagu dari berbagai penyanyi baik di bawah SM maupun di luar SM. 

Skill artistry Shindong dalam lagu Cheer Man dinilai aneh tetapi menarik. Lagu Cheer Man sendiri mengingatkan penggemar akan lagu-lagu K-pop tahun 90an. Tertarik mendengarnya?

 

Eunhyuk

Anggota unit penari dalam Super Junior, Eunhyuk memang dikenal produktif untuk grupnya maupun di luar grup. Ada grup sub-unit D&E yang digawangi oleh Eunhyuk dan Donghae, selain itu ada beberapa rilisan single olehnya. Tetapi, beberapa tahun belakangan, Ia juga tampil dalam beberapa acara reality show sebut saja Why Not the Dancer, Borrow Trouble, dan sebagai direktur penampilan di acara Under Nineteen, sebuah ajang kompetisi dari channel MBC. Untuk anda yang ingin melihat Eunhyuk mengajari dan membina para trainee, Under Nineteen bisa menjadi pilihan.

 

Donghae

Selain berkarisma, Donghae dikenal dengan tingkah lucunya dalam acara variety. Sudah tidak terhitung berapa jumlah acara yang diisi olehnya. Selain itu, Ia juga memegang bagian vokal dalam sub unit D&E bersama Eunhyuk. Tetapi, baru-baru ini Donghae bersama Shindong, Leeteuk, Eunhyuk Super Junior serta Changmin dan Yunho dari TVXQ berpetualang bersama dalam acara Analog Trip

Acara ini merupakan kerjasama SM Entertainment dengan Youtube Originals. Selama 12 episode, keenam personil ini menjelajah dan mengeksplor Yogjakarta, Indonesia. Acaranya sudah bisa anda saksikan lewat kanal Youtube, SMTOWN.

 

Siwon

Untuk anggota yang satu ini, mungkin tidak hanya penggemar yang tahu, mungkin ibu-ibu juga tahu. Memulai debut aktingnya di tahun 2006 lewat film Hongkong, A Battle of Wits, Siwon dipuji habis-habisan oleh Andy Lau. Sejak itu, Ia selalu mendapat proyek film maupun drama Korea. Di Indonesia, Siwon bahkan menjadi brand ambassador untuk produk Mie Sedaap. 

 

Ryeowook

Sejak kembalinya setelah wajib militer di tahun 2018, Ryeowook tidak terlalu sering memiliki proyek solo sendiri. Sebab, setelah kepulangannya, Ia langsung ikut ambil bagian dalam tur konser Super Junior. Tetapi di tahun ini, Ia menjadi anggota reguler dalam Neighbourhood Album di channel TV Chosun. 

Bersama Sujeong Lovelyz, KCM, dan Kwon Hyuk Soo, mereka mengeksplor sisi-sisi tersembunyi di Korea Selatan dan menemukan lagu yang memegang sisi unik tempat tersebut. Lewat acara ini, anda bisa melihat Ryeowook bernyanyi, ya hitung-hitung menunggu kabar baik album solonya.

 

Kyuhyun

Baru kembali dari wajib militer di bulan Juli tahun ini, sepertinya Kyuhyun sudah dibooking untuk mengisi acara serta tur konser Super Junior. Buktinya, ada enam acara variety show dengan Kyuhyun sebagai pengisinya, yaitu King of Mask Singer, Kang’s Kitchen, Salty Tour, RUN.WAV, Fall in Love with Music, serta yang terbaru New Journey to the West musim ketujuh. 

Lewat acara ini, Kyuhyun menjadi populer berkat bakat lawaknya yang Ia tampilkan, meskipun para ELFs (sebutan penggemar Super Junior) sudah mengetahui hal ini. Tetapi aksinya dalam acara-acara ini juga bisa dinikmati penonton yang bukan penggemar Super Junior.

 

Sungmin

Dinyatakan tidak aktif oleh label, Sungmin sudah lama tidak beraktifitas bersama dengan grup yang membesarkan namanya. Tetapi, baru-baru ini melalui Label SJ, Sungmin akan segera mengobati rasa rindu penggemar dengan merilis sebuah album solo di bulan ini. Label SJ adalah sub label dari SM Entertainment yang hanya berfokus dengan aktivitas anggota Super Junior. Sudah siap mendengar suara Sungmin menyanyi?

Tidak terasa ya waktu 14 tahun benar-benar begitu panjang untuk karier Super Junior. Nama mereka menjadi salah satu sosok yang mengubah industri musik Korea Selatan. Selamat ulang tahun yang ke-empat belas, Super Junior. Semoga selalu sukses dan selalu merilis lagu baru!

Tag: Musik K-pop