[FOTO] Supaya PSBB Bukan Jadi Omong Kosong
Foto-foto karya Irfan Meidianto/VOI

Bagikan:

JAKARTA - PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah berjalan empat hari. Tapi Senin, 13 April ini adalah hari pertama penerapan PSBB di kala weekday.

Gubernur DKI Anies Baswedan bilang, hari pertama penerapan PSBB, lalu lintas ibu kota benar-benar sepi. Anies mungkin lupa karena penerapan perdana PSBB pada 10 April 2020 memang bertepatan dengan hari Jumat Agung sehingga libur.

Pagi tadi, keramaian masih tampak. Malah bagi beberapa orang, keramaian lalu lintas pagi tadi justru bertambah dibanding tiga minggu lalu, sebelum PSBB diberlakukan.

PSBB sejatinya memang bukan kebijakan untuk pemerintah. Tapi PSBB dibuat supaya semakin sedikit warga Indonesia yang terpapar Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) ini. Jadi, supaya tak cuma aturan omong kosong, patroli maupun razia secara acak pun digelar.

Berikut ini adalah foto-foto karya fotografer VOI, Irfan Meidianto soal patroli PSBB di Jakarta. Sejumlah pengendara diberhentikan polisi untuk dicek apakah sudah mematuhi aturan main PSBB. Banyak pemotor yang masih abai. Jangankan masker, helm saja mereka tidak punya.

Truk, mobil pribadi hingga angkutan umum, semuanya ikut terkena patroli
Meski tak ketemu razia, sudah seharusnya kita semua mematuhi aturan main PSBB di Jabodetabek
Jangan seperti orang ini. Jangankan masker, helm saja dia tidak pakai. Bahkan anak kecil yang ada di depannya juga diabaikan keselamatannya.
Di Jakarta, PSBB akan diterapkan selama 14 hari dengan opsi perpanjangan.