Ajakan Saling Menguatkan Chitarra Lewat Single <i>Rules of the Jungle</i>
Amanda Chitarra (Dok. Chitarra Music)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi solo Chitarra menyapa pendengar musik Indonesia dengan lagu tunggal (single) Rules of the Jungle. Lagu ini terasa sangat berarti di tengah pandemi COVID-19 atau virus corona yang memukul industri musik Tanah Air karena memiliki tema untuk sama-sama saling menguatkan.

Sebuah penggalan lirik “face the fight that you believe“ menjadi nyanyian sekaligus mantra yang berarti bagi para pendengarnya. Apalagi komposisi musik yang dibuat melalui sentuhan tangan produser Ammir Gita berhasil membawa kita pada kewaspadaan sambil sesekali berkontemplasi melepaskan sesaknya problema.

Lagu ini dibuat setahun yang lalu sebelum akhirnya dirilis pada 3 April kemarin di platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, GooglePlay/Youtube, JOOX, dan Deezer. Lagu ini akan terangkum dalam EP (album mini) berisi enam lagu yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

“Lagu ini sebetulnya adalah buah hasil tugas kelas songwriting waktu saya masih kuliah musik sekitar 4 tahun lalu. Jadi sudah jadul sebetulnya. Saya nulis bareng teman asal Curacao, Karibia bernama Shandrelica Casper, vokalis/perkusionis," tutur Chitarra dalam keterangan tertulis yang diterima meja redaksi. 

"Saya yang membuat lirik dan melodi vokalnya, lalu beat-nya dari Casper. Di saat saya cari inspirasi untuk lirik, tidak sengaja selingan liat trailer film The Jungle Book (versi live action) yang akan keluar di tahun itu (2016). Itulah kemudian yang jadi bahan inspirasi awal saya untuk lagu ini dan prosesnya memakan waktu sejak satu tahun yang lalu untuk mengaransemen seperti yang tercipta sekarang,” putri bungsu musisi legendaris Purwa Caraka ini menjelaskan.

Penempatan instrumen tradisional seperti didgeridoo (alat musik tiup Australia), bonang diatonis, kalimba (piano jempol ala Afrika) dan hulusi (alat musik tiup China) yang terangkum pada lagu ini dibungkus tanpa meninggalkan kesan 'musik diplomatis' dan 'world music' yang biasanya terlalu tersemat pada setiap karya yang membawa musik tradisional di dalamnya.

“EP ini akan mempresentasikan musik bernapas komposisi Barat yang membawa rasa tradisional Indonesia. Meng-compose sesuatu yang fuse genre modern dengan tradisional memang tidak pernah mudah. Untungnya saya bekerja sama dengan produser Ammir Gita dan Yudhistira Mirza yang memang pintar membuat komposisi. Dari mulai struktur lagu, pilihan nada vokal, pilihan tangga nada, dan instrumen sangat dipikirkan untuk lagu-lagu dalam EP nanti,” lanjut Chitarra.

Chitarra berharap, lagu ini bisa menemani kegiatan apapun yang dilakukan selama kita berada di rumah dan juga membantu semua yang mendengarkan untuk tetap berpikiran positif dan optimistis.

Face the fight that you believe in the rules of the jungle, semoga bisa menjadi words of empowerment di dunia yang kadang terasa begitu banyak persoalan," tutup Chitarra.