Selain Rajin Cuci Tangan, Ini yang Harus Diperhatikan Kala Beraktivitas di Rumah
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Panyebaran COVID-19 atau virus corona melalui kontak fisik membuat kampanye cuci tangan kerap disuarakan. Tetapi, hal-hal di bawah ini juga penting dilakukan agar mencegah penyebaran virus corona. Apa itu? VOI merangkumnya untuk Anda.

Bersihkan tempat tidur

Dengan bekerja dari rumah, tempat tidur sering menjadi opsi Anda dalam melakukan aktivitas termasuk bermain perangkat elektronik. Namun, Anda harus memperhatikan kebersihan tempat tidur ini. Apalagi jika Anda sensitif atau alergi dengan debu.

Anda bisa mencuci sprei tempat tidur dengan air panas untuk menghilangkan bakteri. Tidak hanya kasur, tetapi bantal, guling, dan selimut juga harus ikut dibersihkan.

Biasakan merawat kulit

Meskipun bekerja dari rumah, tubuh dan wajah kita perlu mendapatkan perawatan yang sama. Kita sering menganggap, dengan bekerja di rumah tidak perlu mandi seperti biasa. Padahal nyatanya kita harus tetap melakukan kebiasaan seperti hendak keluar rumah.

Skincare pun tidak luput dari perhatian. Karena berada di dalam rumah, kulit wajah menjadi tidak terurus sehingga menimbulkan jerawat dan reaksi kulit lainnya. Kita harus tetap menjaga kulit wajah agar tetap terawat. Dengan rajin mencuci muka dan memakai sunscreen setiap kali hendak berjemur di pagi hari, hal tersebut bisa membantu perawatan kulit wajah.

Kurangi begadang

Bekerja di rumah sering membuat ‘lupa diri’. Karena banyak mengurus keperluan kantor, kita jadi lupa waktu bekerja sampai tidak sadar sudah malam hari. Belum lagi keinginan untuk menonton film atau acara musik sebelum tidur yang membuat begadang jadi rutinitas.

Dalam situasi seperti ini, kurangi begadang agar kondisi tubuh tetap fit hingga pagi hari. Biasakan tidak makan atau melakukan aktivitas berat sebelum tidur. Hal ini bisa berpengaruh terhadap produktivitas kita dalam bekerja.

Konsumsi air putih dan makanan bernutrisi

Bukan cuma bagian luar tubuh, nutrisi di dalam tubuh juga perlu dijaga. Mengonsumsi 2 liter air putih setiap hari jauh lebih sehat dibandingkan minuman manis. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi seperti sayur dan buah-buahan juga tidak kalah penting.

Selain melakukan hal-hal di atas, beraktivitas di luar rumah juga harus dihindarkan. Namun jika terpaksa, pastikan mengenakan masker dan membawa hand sanitizer.