Nostalgia Serial Kabutack Sampai Ninja Jiraiya di YouTube Toei Tokusatsu World
Tangkapan Layar Toei Tokusatsu World Official (YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Rumah Produksi Toei Company, Jepang secara resmi membuka kanal YouTube 'Toei Tokusatsu World Official'. Channel ini akan menayangkan serial film aksi Tokusatsu (spesial efek, red) klasik yang tayang pada tahun 1960 hingga 1990-an.

Berdasarkan pengumuman resminya, ada lebih dari 70 acara televisi bawaan Toei yang akan diupload melalui channel tersebut. Serial Tokusatsu akan diunggah dengan teks berbahasa Inggris dan dubbing audio Jepang.

"Saat ini episode-episode berikutnya akan ditambahkan dengan versi audio Jepang, namun update secara berkala akan dilakukan," sebut Toei.

Tangkapan Layar Toei Tokusatsu World Official (YouTube)

Channel YouTube ini akan menjadi kanal khusus bagi penggemar serial Tokusatsu di seluruh dunia, untuk menikmati acara klasik dari Toei secara daring. Di Indonesia sendiri, tayangan tokusatsu hadir pada era 90-an.

Serial populer seperti Kabutact, Ninja Jiraiya, Jiban, Janperson, Gavan hingga Winspector kerap mengisi masa kecil anak-anak di Minggu pagi. Tentunya kehadiran channel resmi Toei yang menayangkan serial klasik akan sangat diminati penggemarnya.

Kata 'Tokusatsu' secara harfiah diterjemahkan menjadi "efek khusus." Hal ini merujuk dari penggunaan kostum dan teknik spesial efek pada pengambilan adegannya. 

Serial Tokusatsu sendiri, banyak digemari semua kalangan, ceritanya yang sederhana ditambah adegan aktor yang bertarung dengan setelan kostum membuat film ini berkembang dengan cepat. Contoh klasik tayangan Tokusatsu seperti Zyuranger yang kemudian diadaptasi oleh Amerika menjadi 'Power Rangers'

Tak hanya menggarap serial Tokusatsu, Toei juga memiliki empat studio besar lainnya di Jepang yang memproduksi film. Beberapa garapan terkenal Toei Animation seperti anime Dragon Ball, Digimon hingga One Piece.

Berikut jadwal penayangan serial Tokusatsu klasik yang akan diunggah Toei:

- 6 April: Episode 1 dan 2 dari semua 70 pertunjukan (dengan terjemahan bahasa Inggris)

- 13 April: Episode 3 dan 4 Kid Nasional (akan diperbarui pada hari Senin)

- 14 April: Episode 3 dan 4 dari Suki Suki Majo Sensei (akan diperbarui pada hari Selasa)

- 15 April: Episode 3 dan 4 dari Robot 8-Chan (akan diperbarui pada hari Rabu)

- 16 April: Episode 3 dan 4 dari Space Cop Gavan (atau lebih dikenal sebagai Space Sheriff Gavan; akan diperbarui pada hari Kamis)

- 17 April: Episode 3 dan 4 Jaspion (akan diperbarui pada hari Jumat); episode 3 dan 4 dari Hard Gumi (akan diperbarui pada hari Jumat)

- 18 April: Episode 3 dan 4 dari Magical Girl Chukana Paipai (akan diperbarui pada hari Sabtu); Episode 3 dan 4 dari Winspector (akan diperbarui pada hari Sabtu)

- 19 April: Episode 3 dan 4 dari Combattler V (akan diperbarui pada hari Minggu); episode 3 dan 4 dari Himitsu Sentai Gorenger (akan diperbarui pada hari Minggu)

Meskipun belum ada daftar lengkap acara yang tersedia, Toei juga akan menambah tayangannya dengan merilis serial robot anime Voltes V, Sheriff Luar Angkasa Sharivan, Poitrine, Chanzerion, dan Daltanius yang tayang di era 90-an.