COVID-19 hingga Kematian Sosok Penting Dunia Seni Jadi Stigma Kelabu Tahun 2020
Bill Withers (Twitter @RealBillWithers)

Bagikan:

JAKARTA - Dari legenda Monty Python, Terry Jones hingga ikon musik soul Bill Withers, kita mengenang beberapa tokoh terkenal dari dunia seni yang meninggal pada tahun 2020.

Meskipun tidak lagi bersama kita, karya-karya mereka akan tetap diingat dan dicintai selama bertahun-tahun ke depan - entah dia aktor, musisi, penyair atau pelukis.

Januari menjadi saksi kepergian  presenter Most Haunted, Derek Acorah, dan penulis sekaligus jurnalis Amerika Elizabeth Wurtzel. Broadcaster dan penyiar Just a Minute, Nicholas Parsons juga meninggal pada bulan pertama ini.

Pada Februari, mantan pembawa acara Love Island Caroline Flack meninggal, juga DJ dan musisi Andrew Weatherall dan rapper Pop Smoke.

Pembawa acara Inside the Actors Studio James Lipton meninggal pada 2 Maret, pada usia 93, sementara aktor nominasi Oscar Max von Sydow - yang membintangi film semisal The Seventh Seal (1957), The Exorcist (1973) dan Star Wars: The Force Awakens (2015) ) - meninggal pada 8 Maret, berusia 90.

Ikon musik country, Kenny Rogers meninggal dunia pada 20 Maret. Pihak keluarga menyatakan, Kenny Rogers mengembuskan napas terakhirnya di rumahnya pada usia 81 tahun. Melansir ABC News, upacara penghormatan terakhir terhadap sang ikon akan dihelat secara tertutup lantaran  mewabahnya virus corona.

Pelantun lagu Ain’t No Sunshine, Bill Withers meninggal dunia pada 30 Maret - yang dikonfirmasi keluarganya pada 3 April - akibat menderita komplikasi jantung. Withers berusia 81 tahun.

Tokoh-tokoh dari seluruh dunia musik dan hiburan memberikan penghormatan kepada Withers sejak berita kematiannya muncul. Brian Wilson, Lenny Kravitz, Nile Rodgers, Jennifer Hudson, Graham Coxon, Héloïse Letissier, hingga Christine and the Queens membagikan kenangan mereka tentang sang legenda di mana di antaranya menyanyikan salah satu lagu Withers yang paling terkenal tadi dengan versi masing-masing.

Pada hari yang sama, penyanyi country asal Oklahoma, Joe Diffie meninggal dunia karena mengidap komplikasi dari COVID-19. Ia memulai karier musiknya pada 1990 ketika merilis album A Thousand Winding Road. Lagu andalannya, Home, meraih posisi di tangga lagu Billboard Hot Country.

April menjadi saksi kematian bintang Fountains of Wayne, Adam Schlesinger, komedian Inggris Eddie Large serta pemeran film Star Wars, Andrew Jack. Ketiganya disebabkan oleh COVID-19.

Dilansir dari The Independent, Jack meninggal di St Peter’s Hospital di Surrey, Inggris pada usia 76 tahun. Jack dikenal sebagai pelatih suara untuk aktor-aktor yang membintangi Star Wars, Batman, Lord of the Rings dan sejumlah film Avengers. Jack sempat muncul sebagai Major Ematt dalam Star Wars: The Last Jedi dan Star Wars: The Force Awakens. Ia juga mengisi suara Moloch dalam Solo: A Star Wars Story.