Sejarah Ponsel Pertama di Dunia
DynaTAC (Sumber: American History)

Bagikan:

JAKARTA - Bisa dibilang, Martin Cooper, teknisi yang bekerja di Motorola adalah orang yang pertama kali berhasil membuat prototipe telepon tanpa kabel. Di awal 1970-an, saat inovasi Cooper belum terwujud, dunia memang belum mengenal ponsel yang bisa digunakan di mana pun seperti sekarang ini.

Sebenarnya, divisi riset perusahaan AT&T, Bell Laboratories sudah membuat konsep komunikasi seluler pada 1947. Namun, konsep itu tertahan karena saling berlomba dengan perusahaan Motorola pada tahun 60-70an untuk benar-benar membuat produk portabel. 

Di Motorola, Martin Cooper dan desainer, Rudy Krolopp tak mau kalah. Mereka mengerjakan proyek telepon "sepatu" dengan menggunakan banyak paten elekrtonik yang ada. Mereka berusaha membuat prototipe ponsel tanpa kabel pertama.

Akhirnya, sebuah inovasi terwujud. Ponsel pertama tanpa kabel itu berhasil dibuat. Cooper memberinya nama Motorola DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage). Ponsel itu punya tinggi 9 inci, berat 2,5 pound, dengan 30 papan sirkuit. Dengan ponsel itu, orang-orang bisa menelepon selama 35 menit dengan kebutuhan waktu isi ulang selama sepuluh jam.

Setelah mendirikan stasiun pangkalan seluler di New York, Martin Cooper, pada hari ini, 3 April 47 tahun lalu atau pada 1973, ia melakukan panggilan pertamanya ke Joel Engel, kepala penelitian Bell Lab. DynaTAC dibuat Cooper beserta timnya dalam waktu tiga bulan. Waktu yang terhitung singkat, mengingat Cooper memerlukan ribuan bagian untuk membangun ponsel tersebut.

"Saya melakukan banyak panggilan, termasuk ketika saya menyeberang jalan ketika berbicara dengan seorang reporter radio New York. Mungkin, salah satu hal paling berbahaya yang pernah saya lakukan dalam hidup saya," kata Cooper dikutip Wired

Setelah itu, Motorola menghabiskan sepuluh tahun lagi untuk menyempurnakan teknologi dan mengurus regulasi. Layanan komersialnya baru dimulai pada tahun 1983. Perangkat DynaTAC pun diperkecil lagi sehingga beratnya berkurang 16 ons. 

Saat itu, ponsel mobile pertama itu dibanderol seharga 3.500 dolar AS --sama dengan 21.162 dolar AS pada tahun ini. Tapi, itu dulu tahun 1990, sebelum layanan ponsel mencapai satu juga pelanggan di AS.

Motorola DynaTAC memperoleh paten bernomor 3906166 dengan judul “Radio Telephone System.” Sementara Majalah Time, pada 2007 menobatkan hasil ciptaan Cooper sebagai penemuan terbaik. Pada 2013, Cooper menerima Charles Stark Draper Prize dari National Academy of Engineering.