<i>Update</i> COVID-19 per 31 Maret: Sumbangan Masyarakat Capai Rp80 Miliar
Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona atau COVID-19 Achmad Yurianto (Yuri) (Foto: Twitter @setkabgoid)

Bagikan:

JAKARTA - Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona atau COVID-19 Achmad Yurianto (Yuri) mengatakan terjadi pertambahan sebesar 114 pasien positif virus corona, per Selasa, 31 Maret pukul 12.00 WIB. Total, pasien positif corona mencapai 1.528 orang dan tersebar di 32 provinsi se-Indonesia. 

Selanjutnya, Yuri menyatakan ada penambahan 14 kasus pasien yang meninggal dunia, dengan total per hari ini mencapai 136 orang yang meninggal. Serta, terjadi penambahan 6 kasus pasien yang dinyatakan sembuh menjadi total 75. 

 

DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan jumlah kasus COVID-19 terbanyak se-Indonesia. Per hari ini, tercatat sudah ada 751 kasus positif yang tersebar di seluruh kota administratif. Kemudian, di Jakarta ada 451 pasien kasus positif yang dirawat di rumah sakit, 49 orang dinyatakan telah sembuh, 84 orang meninggal dunia, serta 157 orang melakukan isolasi mandiri. 

Selain itu, dalam update hari ini, Yuri mengumumkan jumlah sumbangan dari masyarakat untuk penanganan virus COVID-19 dari dua rekening. Total sumbangan yang didapat hari ini mencapai Rp80 miliar. 

"Di rekening COVID-19 sudah lebih dari 40 miliar yang tercatat, maupun rekening desk relawan gugus tugas pun jumlahnya sudah lebih dari 40 miliar," kata Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa, 31 Maret. 

Yuri mengklaim Gugus Tugas akan menggunakan bantuan sumbangan ini dengan tepat dan penuh tanggung jawab. Penggunaan sumbangan akan dilaporkan laporkan secara terbuka di portal web covid19.go.id maupun bnpb.go.id. 

Yuri mengajak masyarakat untuk berterima kasih kepada pekerja yang masih melaksanakan pekerjaannya di luar rumah. Mereka adalah tenaga medis, aparat keamanan, kurir, serta para pekerja jasa transportasi, baik sopir ojek online maupun pengemudi angkutan umum.

"Merekalah yang mengangkat banner 'we stay here for you, please stay home for us'. Kami bekerja di luar untuk anda, tetaplah di rumah untuk kami'. Kami apresiasi para petugas yang melaksanakan amanat untuk bertugas di luar rumah," kata Yuri. 

Yuri juga mengucapkan terima kasih kepada para kepada para pekerja yang telah patuh menuruti anjuran pimpinan kantor masing-masing untuk tetap produktif bekerja dari rumah.