Menciptakan Kondisi yang Nyaman Selama Bekerja dari Rumah
Ilustrasi bekerja dari rumah (unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) memang sedikit merepotkan, apalagi agak sulit beradaptasi bagi orang yang jarang menggunakan teknologi. Meski tidak diperlukan kehalian khusus, tetapi masalah ini kerap muncul karena kita tidak memperhatikan sebelumnya.

Misalnya seperti menggunakan laptop yang sudah usang, jaringan wifi yang buruk serta masalah lain yang timbul tanpa Anda sadari dan tentu saja dapat menimbulkan produktifitas kerja Anda. Berikut VOI telah rangkum sejumlah masalah yang mungkin terjadi selama beraktivitas di rumah.

1. Periksa Laptop

Kalau biasanya Anda bekerja di kantor menggunakan komputer, tidak mungkin Anda harus membawa perangkat komputer ke rumah. Mau tidak mau, Anda harus menggunakan alat kerja pribadi meski hanya ada laptop di rumah. Nah sebelum Anda menggunakannya, cobalah periksa apakah laptop Anda masih layak pakai atau tidak.

Artinya, apakah laptop Anda masih kuat untuk bisa digunakan bekerja seharian? Jika mengalami masalah segera hubungi service center, tetapi jika tidak, Anda perlu menambahkan mouse dan keyboard eksternal untuk mengubah laptop Anda menjadi CPU sehingga Anda lebih dimudahkan saat berkerja di rumah. Sebuah layar yang lebih besar lebih mudah pada mata juga dan bisa membantu Anda menjadi lebih produktif.

2. Periksa WiFi Sebelum Bekerja

Bagi Anda yang harus sering terhubung dengan rekan kerja melalui video call conference atau tatap muka lainnya.  Pastilah Anda memerlukan internet yang cepat dan stabil. Agar tidak ketinggalan informasi maupun mati gaya. Sebelum mulai bekerja pastikan internet di rumah Anda berjalan dengan baik.

Untuk mengetahuinya, colokkan laptop ke modem secara langsung dan uji kecepatan internet Anda. Jika masih buruk, kemungkinan terjadi masalah pada koneksi internet, bukan pada router Anda. Cobalah untuk merestart modem WiFi Anda, jika masih terdapat masalah. Segera hubungi penyedia layanan internet Anda.

Selanjutnya, jika Anda memiliki rumah besar, atau bekerja di ruangan yang jauh dari router, pertimbangkan menggunakan repreater WiFi yang dapat membantu memperluas jangkauan internet Anda.

Sebagai informasi, menggunakan aplikasi intensif bandwidth juga bisa memperlambat WiFi semua orang, seperti unduhan torrent atau transfer file besar. Jika Anda masih ingin menggunakannya, pertimbangkan untuk menggunakan browser internet versi Lite yang dapat membantu mengurangi beban.

3. Gunakan Aplikasi Video yang Mumpuni

Kalau biasanya Anda cukup menggunakan Google Hangouts atau WhatsApp conference call, cobalah untuk beralih ke aplikasi video conference Zoom. Tidak seperti Skype dan banyak pesaing lainnya, Zoom mudah digunakan dan dibagikan dengan peserta lain. Hal ini juga dapat diandalkan di mana pun saat Anda memiliki situasi penting.

Zoom mampu menampung banyak peserta tanpa penurunan kualitas audio. Anda dapat dengan gratis bisa menggunakan video conference call sebanyak 100 user. Jika Anda berlangganan premium, maka Anda bisa melakukan panggilan lebih dari kapasitas tersebut.

4. Ciptakan Suasana Produktif

Tidak pernah terpikir sebelumnya bahwa kita akan bekerja dari rumah untuk waktu yang cukup lama. Kalau bukan karena pandemi global COVID-19 yang semakin meluas, mungkin saja kita tidak mengalami hal ini. Karena sepertinya kita akan berada dalam kondisi itu untuk sementara waktu, ada baiknya mencari tempat di mana Anda bisa fokus bekerja.

Cobalah untuk mengosongkan meja besar dengan banyak ruang agar fokus bekerja. Jika Anda malas, Anda bahkan tidak perlu rapi. Cukup ambil tumpukan buku-buku yang ditumpuk di meja dan pindahkan ke suatu tempat yang tidak terlihat untuk saat ini. Atau, Anda bisa memutar musik dengan speaker maupun headset untuk membuat Anda lebih merasa nyaman bekerja dari rumah. Ingat, ini hanya sementara loh! Jadi bersabar dulu yaa.

5. Main Game Dikala Suntuk

Kalau biasanya bermain game di kantor membuat Anda merasa terganggu dan buang-buang waktu, cobalah untuk melakukannya. Perlu diketahui, hal terburuk tentang bekerja dari rumah adalah pekerjaan yang tidak pernah berakhir. Berbeda saat Anda bekerja dari kantor.

Semua orang butuh istirahat, cobalah untuk luangkan wakti 10 menit saja dan bersenang-senang bisa membantu Anda fokus untuk waktu yang lebih lama. Anda bisa mencoba mendownload gim yang menuntun Anda menggerakan seluruh tubuh seperti Pokemon Go dan Just Dance Now, atau bisa mencoba memainkan game yang mudah seperti Candy Crush, Ludo, dan lainnya.