Rupiah Hari Ini Diprediksi di Kisaran Rp16.100-16.300 per Dolar AS
Ilustrasi. (Foto: Bank Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan nilai tukar rupiah hari ini, Senin 30 Maret diperkirakan tertekan. Kepala Riset Monex Investindo Futures memperkirakan, rupiah hari ini akan berada di kisaran Rp16.100 sampai Rp16.300 per dolar Amerika Serikat (AS).

"Pasar aset berisiko termasuk rupiah, mungkin akan tertekan di hari Senin karena pasar kembali mengkhawatirkan penyebaran wabah corona atau COVID-19, yang sudah memberikan dampak negatif ke perekonomian, seperti yang disampaikan oleh IMF bahwa wabah corona sudah menyebabkan krisis ekonomi dan keuangan global," jelasnya kepada VOI.

Ia menuturkan, lockdown  karena wabah menyebabkan aktivitas ekonomi berkurang dan menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi di beberapa negara.

Data-data ekonomi yang dirilis pekan lalu negara yang terkena wabah seperti AS, Eropa dan Inggris, menunjukkan pelemahan yang cukup dalam.

"Contohnya data tenaga kerja AS yang menunjukkan jumlah orang yang menganggur bertambah 10 kali lipat lebih. Data aktivitas manufaktur dan sektor jasa juga mengalami penurunan yang signifikan," tuturnya.

Menurut Ariston, sentimen penahan pelemahan rupiah mungkin datang dari ditandatanganinya UU stimulus jumbo AS yang  mengeluarkan dana hingga 2 triliun dolar AS untuk meredam dampak negatif wabah di perekonomian AS.