Tren <i>Challenge #Untiltomorrow</i> Buktikan Perbedaan Kultur Twitter dan Instagram
Ilustrasi foto (Yudhistira Mahabharata/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Hingga saat ini masyarakat masih banyak yang mengkhawatirkan penyebaran virus corona di seluruh dunia. Tak terkecuali Indonesia. Melihat hal itu, tidak sedikit pula orang yang menetap di rumah. Demi membunuh rasa bosan, berbagai cara pun kerap dilakukan seperti mengikuti challenge atau tantangan #untiltomorrow.

Challenge yang awalnya berada di platform media sosial milik Mark Zuckerberg, Instagram ini ramai diikuti hingga menjadi trending topic serta bahan cibiran di media sosial berlogo burung biru, Twitter.

Tantangan #untiltomorrow adalah tren di mana para pengguna Instagram didorong untuk memosting foto memalukan di masa lalu mau pun sekarang. Kemudian, foto tersebut harus diberi caption dengan tagar #untiltomorrow. Artinya, postingan tersebut bisa dihapus dalam rentang waktu 24 jam.

Di Instagram, tantangan ini ramai mengundang partisipasi. Namun, memang dasarnya beda kultur, warganet Twitter mencibir tren tersebut. Memang, linimasa Twitter kerap menyuarakan narasi soal betapa membosankannya Instagram dengan rutinitas Insta Story dan fitur-fitur lain yang dianggap tak faedah oleh warga Twitter.

Lewat tagar yang sama, yaitu #untiltomorrow, kicauan-kicauan penuh sindiran disuarakan. "Lagi zaman nyebar aib di IG ,biar apa? Biar temen lu makin semangat ngegibahin elu kali ya #Untilltomorrow," tulis @omnugg.

Lainnya, akun Twitter @seriuscanda berkicau: #Untilltomorrow adalah gambaran bahwa virus dapat menyebar dengan sangat cepat."

Namun, jika Anda ingin mengikuti challenge yang telah diikuti 1.3 juta pengguna Instagram agar tidak bosan di rumah, Anda cukup perlu perhatikan langkah di bawah.

Pertama, saat kalian menemukan unggahan teman atau siapa pun di Instagram dengan caption tagar #untiltomorrow. Kemudian, Anda tinggal mengklik tombol like atau mengomentari postingan yang diunggah tersebut.

2. Cek Direct Message (DM) Anda dan nantinya teman yang postingannya sudah Anda like akan mengirimkan pesan berisi "Jadi … Anda menyukai postingan saya, jadi Anda harus mengunggah foto diri Anda yang memalukan. Untuk caption, Anda hanya diperbolehkan menulis #untiltomorrow dan Anda hanya dapat menandai saya."

3. Siap- siap jika Anda tidak menurutinya, maka pengguna tersebut akan terus menerus merengek agar Anda segera mengunggah foto dengan pose memalukan atau konyol. Peraturan selanjutnya, Anda diperbolehkan mengunggah foto memalukan yang baru mau pun lama.

4. Setelah Anda mengunggahnya, jangan lupa sertakan tagar #untilltomorrow dan tandai teman yang meminta Anda melakukan hal ini. Kemudian, jika ada yang menyukai foto tersebut, Anda harus kembali mengirimkan tantangan tersebut melalui DM.