IHSG Akhir Pekan Menghijau ke Level 4.545,57
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup di zona hijau pada perdagangan Jumat 27 Maret. IHSG ditutup menguat  4,76 persen atau 206,67 poin ke level 4.545,57.

Pada penutupan perdagangan, sebanyak 297 saham menguat, 139 saham melemah, dan 122 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 10,21 miliar lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp12,38 triliun.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gustama mengatakan, penguatan IHSG didukung oleh stabilitas fundamental makroekonomi domestik yang cenderung stabil.

"Di mana hal ini memberikan kepercayaan tinggi dari para pelaku investor untuk memanfaatkan aksi window dressing pada kuartal pertama 2020. Market sangat mengapresiasi statement dari BI yang berkomitmen kuat untuk menjaga stabilitas rupiah di-support dengan cadangan devisa yang memadai," ujar Nafan kepada VOI.

Ia menambahkan, market juga mengapresiasi program stimulus dari pemerintah AS sebesar 2 triliun dolar AS dalam rangka menanggulangi efek negatif COVID-19 terhadap perekonomian AS.

"Market juga mengapresiasi komitmen kuat dari China untuk memerangi wabah COVID-19 dengan cara lockdown yang dianggap berhasil dalam mengurangi jumlah kasus penularan virus tersebut," tuturnya.

Ia juga beranggapan, bahwa market mengapresiasi komitmen G20 untuk memberikan stimulus sebesar 5 triliun dolar AS dalam rangka menanggulangi efek negatif COVID-19 terhadap perekonomian global," jelas Nafan.