Musisi Ajak Warganet Ber-instajam di Tengah Pandemi COVID-19
Ilustrasi (Unspalash)

Bagikan:

JAKARTA - Anjuran pemerintah untuk tinggal di rumah sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 atau virus corona membuat masyarakat memutar otak untuk tetap produktif dan kreatif. Tidak terkecuali para musisi. Indra Lesmana, Denny Chasmala, Gugun 'Gugun Blues Shelter', dan I Wayan Balawan menantang warganet ber-jamming ria lewat Instagram. Jamming online ini juga menjadi pengisi kebosanan di saat semua orang menjalani social distancing.

Melalui akun Instagram masing-masing, keempat musisi ini mengajak pengikutnya untuk melengkapi video yang mereka unggah dengan segala talenta yang mereka miliki. Ajakan ini disambut positif, terlihat dari banyaknya musisi lintas genre dan generasi yang ambil bagian.

Tidak hanya alat musik, beberapa orang juga menunjukkan kemampuan lain untuk terlibat dalam aksi positif ini, Baim (eks ADA Band) misalnya, ia memilih menggunakan sisir dan plastik yang ditiup sehingga menghasilkan bunyi yang mirip saksofon untuk melengkapi komposisi 12 bar blues di F dengan tema Take The Coltrane yang dimainkan Indra Lesmana. 

"Dari kemaren buka IG , isinya semua jamming sama master idolaque mas @indralesmana , absolute semua mainnya, aku jd sedih, mau jamming gitar jd lemah tak bertenaga, mau isi drum pas pasan, semoga instument primitive ini bisa menginspirasi...saya sendiri..hell yeahhhh!!! Maturnuwun slotnya mas indra," tulis Baim.

Begitu banyak musisi lain yang ikut dalam Instajam ini. Sebut saja Andmesh Kamaleng, Andien Aisyah, Stevi Item, Dewa Budjana, Yura Yunita, dan lainnya. Ada juga yang memilih untuk menggambar ilustrasi dari sang dewa jazz, dan menempelkan video proses pembuatan gambar tersebut di samping permainan kibor sang maestro.

Kampanye Indra Lesmana ternyata memicu musisi lain untuk melakukan hal yang sama. Gitaris, pencipta lagu sekaligus produser Denny Chasmala membuat komposisi ritem dari lagu Rumah Kita milik God Bless dengan gitar akustiknya. 

Pencipta lagu Pilihlah Aku Jadi Pacarmu yang dipopulerkan Kridayanti ini sengaja hanya memainkan part ritem agar setiap orang yang ambil bagian bisa melengkapinya dengan berbagai alat musik dan versi. Sejauh ini, sudah lebih dari 20 video yang ia unggah ulang.

Gugun, pentolan Gugun Blues Shelter juga berinsta-jamming dengan gitarnya dan menantang warganet untuk mengisi slot komposisi blues yang ia sediakan. Tak kurang dari Iman J-rocks, Andre Dinuth, Rama Satria, hingga sejumlah musisi lintas instrumen lainnya terlibat dalam kampanye ini.

Satu hal unik terjadi. Di salah satu video yang Gugun repost, ada partisipan yang ternyata tidak memainkan alat musik, bernyanyi atau sekadar menggambar. Ia membawa piring berisi nasi dan berusaha memberi makan Gugun.

"Makan dulu, makna dulu, jamming aja terus. Jamming aja terus. Udah malam ini jamming terus," kata dia sambil terkesan berusaha menyuapi Gugun dengan sendoknya. 

Terakhir ada Balawan, gitaris asal Bali. Memainkan sebuah komposisi etnik yang dilengkapi permainan rumit, ajakan Balawan pun direspons positif warganet, salah satunya pemain suling dengan nama akun @jaeko_siena.

"Walaupun belum pernah bertemu secara langsung tapi mas @jaeko_siena ini adalah seorang Multi instrumentalis yang luar biasa, karya karyanya juga layak untuk disimak," tulis Balawan dalam keterangan videonya.

Tak bisa dipungkiri, diharuskannya beraktivitas di rumah membuat sebagian orang jenuh. Selain beban kerja yang lebih berat, tidak semua orang terbiasa bekerja dari rumah. Namun, demi menghindari penyebaran virus corona yang lebih cepat, hal ini perlu dilakukan.

Hingga tadi pagi, pandemi virus corona di Indonesia telah mencapai 790 kasus dengan 58 kematian serta 31 orang dinyatakan sembuh. Angka ini diprediksi akan terus berkembang jika masyarakat masih berkegiatan di luar rumah.