Instagram Luncurkan Fitur Baru Co-Watching Biar Obrolan Kamu Jadi <i>Gak Old School</i>
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Di tengah pandemi global COVID-19 atau virus corona, jejaring media sosial saat ini sedang berbondong-bondong melakukan pembaruan pada fitur platformnya demi menjaga kenyamanan para penggunanya. Salah satunya Instagram yang baru saja meluncurkan fitur Co-Watching.

Melansir Tech Crunch, Rabu 25 Maret, fitur baru ini memungkinkan teman-teman yang melakukan obrolan video (bahkan obrolan grup) menelusuri sebuah postingan yang di-like atau di-save. Bahkan memungkinkan peserta panggilan video untuk melihat rekomendasi Instagram orang lain.

Dengan adanya fitur Co-Watching, pengguna Instagram akan tetap memiliki topik obrolan bersama teman maupun keluarga dan bisa melupakan wabah COVID-19 sejenak, demi mengurangi kekhawatiran berlebih, namun tak luput untuk tetap berhati-hati.

Lalu bagaimana fitur ini bekerja? Menggunakan fitur Co-Watching sangat sederhana, pengguna hanya perlu membuka Instagram Direct (fitur perpesanan langsung pada platform) dengan mengetuk ikon pesawat kertas di sudut kanan atas aplikasi. Kemudian mulai obrolan video baru dengan mencari atau memilih teman atau keluarga di kotak masuk, lalu mengetuk ikon kamera video pada halaman pesan langsung ini. Setelah pengguna mulai mengobrol, cukup ketuk ikon foto di bagian bawah panel untuk melihat semua rekomendasi yang disukai, disimpan, dan rekomendasi Instagram yang tersedia pada Feeds. Perlu diingat, apa yang dipilih akan muncul di layar untuk semua peserta di obrolan video tersebut.

Kendati demikian, Co-Watching bukan satu-satunya pembaruan baru yang diluncurkan ke semua pengguna Instagram, fitur ini juga telah menyoroti lebih banyak informasi valid tentang COVID-19 di tab pencarian. Sementara itu, Instagram juga mulai meningkatkan upayanya dalam menghapus konten dan akun informasi COVID-19 yang tidak valid, kecuali itu berasal dari sumber yang resmi.

Tak hanya itu, demi menyadarkan masyarakat untuk peduli sesama di tengah wabah COVID-19, Instagram juga memperluas stiker Donasi ke lebih banyak negara sehingga pengguna dapat mencari dan meminta kontribusi ke organisasi nirlaba yang asli dan relevan.

Untuk membantu menghubungkan pengguna yang melakukan social distancing, fitur Stories yang dibagikan akan menampilkan stiker 'Tetap di Rumah' di semua postingan, tetapi stker ini baru bisa dinikmati di beberapa negara.

Sangat mudah untuk melihat bagaimana fitur baru Co-Watching akan menjadi populer dalam beberapa hari mendatang, dan upaya ini menambah inisiatif pencegahan COVID-19 dalam media sosial Instagram yang dimulai sekitar dua minggu lalu. Ketika platform tersebut mulai membuat daftar postingan dari organisasi kesehatan yang dapat dipercaya pada bagian atas pencarian tab.