Telkom Grup Pastikan Jaringan Internet di RS Darurat Wisma Atlet
Ilustrasi jaringan internet (dok. Telkomsel)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sedang mempersiapkan sejumlah perlengkapan pendukung untuk menjadikan Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit (RS) Darurat Corona. Salah satunya dengan memperkuat sinyal internet untuk penanganan pasien pandemi COVID-19.

Hal itu diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir usai mengecek kesiapan Wisma Atlet beberapa hari lalu. Seusai arahan tersebut, Telkom Grup turut berinisiatif menyediakan layanan internet untuk menunjang komunikasi yang lancar bagi tenaga medis maupun petugas yang dikerahkan di lokasi RS Darurat COVID-19.

"Ketersediaan layanan telekomunikasi dan akses informasi yang cepat akan menjadi salah satu faktor penting untuk mendukung tenaga medis dan tim satuan gugus tugas dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu kami menyediakan fasilitas telekomunikasi yang baik," ungkap Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dalam keterangan resminya.

Layanan yang disediakan yakni antara lain penguatan sinyal selular Telkomsel dan menyediakan akses internet baik yang dedicated ataupun melalui akses Wifi.id termasuk layanan IndiHome. Base Transceiver Station (BTS) mobile juga dikerahkan ke lokasi guna mendukung penguatan sinyal seluler.

Ririek juga mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan Astinet (dedicated internet) 2 x 100 Mbps untuk layanan internet, IndiHome 4 x 100 Mbps, akses Wifi.id 3 x 100Mb dan tambahan nomor hunting Call Center 119 untuk Kementerian Kesehatan. Selain infrastruktur ini, TelkomGroup juga menyiapkan perangkat pendukung lain seperti Server, PC, Printer, dan TV.

"Keseluruhan dukungan untuk keperluan akses data dan internet ini telah selesai disiapkan dan dapat dipergunakan sesuai dengan rencana operasional Rumah Sakit Darurat Virus Corona pada hari ini,” tambahnya.

Selain itu, khusus di lokasi Wisma Atlet Kemayoran, telah dilakukan penambahan infrastruktur jaringan dengan pengoperasian 1 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) berteknologi 4G dengan pemanfaatan spektrum 1800 dan 2300 MHz. 

"Seluruh aktivitas pengamanan jaringan di tiga lokasi tersebut kini telah selesai dilakukan dan siap dimanfaatkan oleh seluruh pihak," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro.

Seperti diketahui RS Darurat Corona di Wisma Atlet telah diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo. Akan ada empat tower di Wisma Atlet yang langsung bisa digunakan untuk menangani pasien Covid-19. 

Keempat tower yang disiapkan adalah Tower 1, Tower 3, Tower 6, dan Tower 7. Rumah Sakit Darurat Corona di Wisma Atlet ini setidaknya bisa menampung sekitar 2.000 tempat tidur.