Video <i>Urban Isolation</i> Karya Russel Houghten Gambarkan Kota Tanpa Penduduk
Urban Isolation (Tangkapan layar video Urban Isolation)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 atau virus corona saat ini tersebar di seluruh dunia. Beberapa negara mengarantina diri dan bahkan ada yang menerapkan lockdown demi mencegah tersebarnya virus tersebut. Beberapa tahun lalu, situasi seperti ini sudah digambarkan videografer bernama Russel Houghten lewat video berjudul Urban Isolation.

Diunggah pada 2014, Houghten menggambarkan Urban Isolation sebagai sebuah kota tanpa penduduk, kendaraan atau keramaian yang biasanya memenuhi kota. Los Angeles di dalam video ini terlihat kosong dengan seorang pemain skateboard yang lancar memainkan skateboard-nya sepanjang kota.

Urban Isolation adalah bagian dari serial video The Berries REDirect antara Red dan The Berries. Video berdurasi tiga menit itu kembali diunggah Houghten lewat akun Instagram pribadinya untuk menyamakan dengan situasi saat ini serta social distancing yang marak digaungkan. Houghten mengunggah kembali video tersebut dan mendapatkan respons dari warganet.

Ia juga mengajak sang adik, Richard Houghten untuk mengisi latar suara Urban Isolation dengan lagu berjudul Empty. Berdasarkan bio di media sosialnya, saat ini ia menjadi pembuat film untuk Brindle Collective.

Gambaran Urban Isolation yang ada dalam video relevan dengan situasi saat ini, karena aktivitas sehari-hari tidak bisa menjauhkan jarak seseorang dengan yang lainnya. Itulah mengapa virus corona mudah berpindah. 

Hari ini, Selasa, 24 Maret, Los Angeles melaporkan 536 kasus dan menjadi salah satu negara bagian dengan penyebaran virus corona tercepat.

Di Indonesia, pemerintah juga mengingatkan warganya untuk berjaga jarak dan melakukan isolasi diri. Untuk mengurangi penyebaran, masyarakat diminta melakukan aktivitas seperti bekerja dan beribadah di dalam rumah. Hal ini juga didukung dengan ditutupnya beberapa perkantoran, pusat hiburan, serta gedung mal untuk sementara.