Kolaborasi FIFA dan WHO perangi Pandemi COVID-19
FIFA dan WHO kerja bareng tendang COVID-19 (FIFA.com)

Bagikan:

JAKARTA - Badan sepak bola dunia FIFA menggandeng Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memerangi pandemi COVID-19 atau virus corona. Presiden FIFA Gianni Infantino menyerukan kerja tim untuk mengatasi krisis ini.

Infantino bergabung bersama Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah konferensi media, Senin 23 Maret, guna meluncurkan kampanye video "mengumpan pesan untuk menendang virus corona".

"Kita perlu kerja tim untuk memerangi virus corona," kata Infantino seperti dikutip dari lama resmi FIFA, Selasa.

Infantino menegaskan, "FIFA menggandeng WHO karena kesehatan adalah yang utama." Ia menyeru komunitas sepak bola di seluruh dunia untuk bergabung bersamanya mendukung kampanye ini demi menyampaikan pesan yang lebih jauh lagi.

Sejumlah pemain terhebat yang sudah memainkan sepak bola indah, kata Infantino, melibatkan diri dalam kampanye ini dan bersatu dalam hasrat mereka mengumpan pesan guna menendang COVID-19.

Dua puluh delapan pemain, termasuk penyerang Argentina Lionel Messi, kiper Italia Gianluigi Buffon dan penjaga gawang Brasil Alisson Becker mendukung prakarsa yang ditujukan untuk memperkuat lima panduan WHO dalam menghentikan penyebaran virus corona.

Mereka semua tampil dalam klip-klip video yang menyampaikan pengingat untuk jangan melupakan cuci tangan, etika bersin, menjaga jarak, sentuh wajah, dan apa yang harus dilakukan jika mengalami gejala.

"Virus ini masalah global dan menunjukkan dua hal kepada kita semua. Pertama, betapa rentannya kita dan kedua betapa mengglobalnya dunia. Situasi-situasi luar biasa membutuhkan langkah-langkah luar biasa dan masalah-masalah global membutuhkan solusi-solusi global," kata Infantino.

Ia melanjutkan, "Kita harus kuat dan mengikuti panduan WHO dan pemerintah kita. Setelah itu, kita harus membangun kembali hubungan kita dengan mungkin, dan harapannya, solidaritas lebih dan kesalingpengertian di antara kita. Sepak bola siap memainkan bagiannya untuk hal itu."

FIFA sudah menjanjikan bantuan 10 juta dolar AS untuk mendukung Dana Tanggap Solidaritas COVID-19 dari WHO.

Liga-liga sepak bola terbesar di dunia semuanya dihentikan sementara karena pandemi yang sudah menginfeksi paling sedikit 300 ribu orang di seluruh dunia.

Turnamen UEFA Euro 2020 sudah ditunda untuk digelar tahun depan. Sementara final Liga Champions dan Liga Europa ditangguhkan hingga waktu yang tidak ditentukan.