<i>Virtual Tour</i> di AS adalah Salah Satu Cara Asyik untuk Menetap di Rumah
Ilustrasi (Sumber: Wanderlust Travel Videos)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, seluruh dunia tengah dipukul oleh pandemi virus corona atau COVID-19. Kantor tutup, sekolah tutup, bandara tutup. Pun sama halnya dengan taman nasional yang biasa dijadikan tempat berekreasi. Imbauan untuk tetap di rumah pun berlaku merata di dunia.

Kabar baiknya, untuk orang-orang yang saat ini bertahan di rumah untuk menjaga jarak, mereka tetap bisa berekreasi. Kebosanan akan lebih mudah dilawan, karena warga dunia kini tetap bisa menjelajah taman nasional lewat teknologi bernama virtual tour.

Selasa, 17 maret, pengelola taman nasional di Amerika Serikat (AS) dengan layanan lainnya telah memberikan akses virtual tour secara gratis. Untuk itu, pengelola mulai mengubah dan memodifikasi layanan yang ada di 419 taman nasional di AS untuk mengurangi penyebaran COVID-19.

Seperti dilansir CBS News, Sekretaris Dalam Negeri AS David Bernhardt mengunggap hal itu terwujud supaya pengunjung maupun karyawan tak terkena dampak COVID-19. "Kesehatan dan keselamatan pengunjung, karyawan, sukarelawan dan mitra kami adalah prioritas layanan taman nasional,"

Tak hanya itu, "Pengawas taman diberdayakan untuk memodifikasi operasi mereka, termasuk fasilitas penutupan dan membatalkan program, untuk mengatasi penyebaran virus corona,” tambah David.

Sejauh ini taman nasional yang sudah menutup akses untuk publik ialah Taman Nasional Pegunungan Rocky di Colorado, Taman Nasional Yosemite di California, serta Pulau Ellis dan Pulau Liberty di New York. Sisanya, menyusul. Taman Nasional Big Bend di Texas, Taman Nasional White Sands di New Mexico, Taman Militer Nasional Gettysburg di Pennsylvania dan Taman Nasional Gunung Api di Hawaii mulai mulai menutup pusat pengunjung, berkemah semalam, serta museum.

Kala akses ke taman nasional ditutup, virtual tour dapat jadi simulasi sebuah lokasi yang dibuat dalam bentuk video atau susunan foto. Perjalanan maya ini juga dapat didukung elemen-elemen multimedia lain, seperti efek suara, musik, narasi, dan teks, kemudian hadir sebagai udara segar.

Oleh layanan taman nasional, mereka yang telah berhari-hari diam menjaga jarak di rumah akhirnya dapat berkunjung ke taman-taman nasional, seperti mengunjungi Patung Liberty, Taman Nasional Yellowstone di Idaho, Montana, dan Wyoming, Taman dan Cagar Alam Denali di Alaska, Sungai Wisata dan Rekreasi Delaware Atas di New York dan Pennsylvania, dan Monumen Nasional Menara Devils Tower di Wyoming.

Bahkan, mereka dapat menemukan lusinan taman nasional lainnya dengan mencari langsung ke situs web layanan taman nasional via nps.gov. Setidaknya, saat kebosanan melanda, mereka bisa mencoba virtual tour ke taman nasional sebagai opsi yang menarik. Di sana, kita bisa belajar sejarah mau pun lingkungan hidup.