Imbas Corona, F1 Gelar Balapan Secara Virtual
Poster balapan virtual Grand Prix Formula 1 (Formula 1)

Bagikan:

JAKARTA - Ajang Grand Prix Formula 1 punya kiat tersendiri untuk tetap balapan di tengah wabah virus corona. F1 mengalihkan ajang balapannya ke ranah eSports dengan meluncurkan Grand Prix virtual.

Melansir dari laman Formula 1, jadwal balapan yang akan digelar adalah GP Bahrain pada Minggu 22 Maret mendatang. Balapan virtual ini bisa disaksikan secara live streaming di YouTube, Facebook dan Twitch.

Para pebalap F1 nantinya akan tetap mengikuti hasil kualifikasi dari balapan sebelumnya. Namun bedanya para pembalap ini tidak akan turun ke sirkuit, melainkan mengemudi secara remote jarak jauh dan bertanding di Virtual Grand Prix.

Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan para pembalap, di tengah kekhawatiran virus corona. Konfigurasi balapan virtual ini akan dilakukan pada game simulasi F1 2019.

Dua pebalap Formula 1, Max Verstappen dan Lando Norris, sudah menjajal game balapan virtual ini pada ajang 'All-star Esports battle'. Mereka bertanding melawan atlet game profesional saat itu.

Meski bertanding secara virtual, pebalap F1 ini akan tetap bertanding sebanyak 28 laps, dengan tingkat kesulitan yang telah diatur sedemikian rupa. Sehingga para pebalap tetap merasakan sensasi balapan seperti di trek sirkuit sesungguhnya.

Bahkan diakui Verstappen dan Lando Norris balapan secara virtual melalui game cukup menyulitkan. Kedua pebalap dari tim Red Bull hanya berhasil meraih peringkat 11 dan memenangkan satu game dari tiga babak kualifikasi. 

"Sayangnya kami tak mencapai final. Terlibat tabrakan dengan pembalap lain. Masih perlu berlatih lagi. Ini ajang yang luar biasa. Tak sabar untuk ikut lagi," ungkap pebalap berusia 22 tahun asal Belanda itu.

Sejatinya F1 terpaksa menunda lima jadwal dari seri GP Belanda dan Spanyol terkait pandemi virus corona. Asosiasi balap F1 (FIA) bahkan terpaksa membatalkan GP Monaco yang seharusnya digelar untuk musim 2020. Dengan demikian, hanya tersisa satu musim balapan di GP Azerbaijan yang bisa tetap terselenggara pada 5-7 Juni 2020 mendatang di Baku City Circuit, Baku.