Cardi B Donasikan Keuntungan Lagu <i>Coronavirus</i> untuk Masyarakat Tidak Mampu
Cardi B (Instagram @iamcardib)

Bagikan:

JAKARTA - Mungkin ini yang namanya iseng yang membawa keberuntungan. Rapper Cardi B menerima keuntungan untuk sebuah lagu yang tidak pernah ia rekam. Apalagi lagu tersebut berjudul Coronavirus.

Awalnya, 11 Maret lalu, musisi berumur 27 tahun ini mengunggah sebuah video di Instagram untuk mengingatkan orang-orang akan bahayanya virus corona atau COVID-19 ini. Dengan cepat ia menyebutkan virus corona yang berasal dari China ini mulai merebak dan semua orang harus berhati-hati. Ia juga mengatakan “It’s getting real! Coronavirus!” dengan sedikit nada.

Seorang DJ dengan nama panggung iMarkkeyz dengan iseng mengedit kalimat yang dilontarkan Cardi B dengan nada trap berdurasi 2:34 menit dan diunggah ke sejumlah layanan streaming musik. Lagu tersebut sampai kepada pengguna TikTok dan langsung meraih peringkat iTunes di nomor 11 pada tangga lagu hip-hop.

Tidak sampai di situ. Sejumlah penggemar juga mulai mengunggah koreografi mereka dengan iringan lagu Coronavirus. Rapper asal Bronx ini lalu menulis di Twitternya; “Saya akan memberitahu Atlantic (label Cardi B) untuk menaruh lagu ini di Spotify.”

Penggemar Cardi B yang disebut Bardi Gang beramai-ramai meminta Cardi maupun DJ iMarkkeyz untuk mendonasikan hasil yang didapat dari lagu tersebut untuk orang yang mengalami penurunan ekonomi akibat COVID-19. Setelah berdiskusi, Cardi B langsung mengabarkan “YA! ITU YANG AKAN KAMI LAKUKAN!”

Kepada NBC News, DJ iMarkkeyz mengatakan jika ia sebenarnya sudah memiliki beat-nya terlebih dahulu namun belum menemukan vokal yang pas. Hingga beberapa orang memintanya untuk membuat remix dari suara Cardi B sehingga ia mengiyakan.

Diakui DJ tersebut, Cardi B mengapresiasi lagu buatannya dan menjanjikan royalti untuknya. “Ingatlah kamu tidak akan mendapat uangnya langsung… tetapi bulan-bulan dari sekarang ada banyak keluarga yang mengalami kesulitan ekonomi karena virus ini. Kami akan berdonasi!” balasannya pada cuitan Twitter iMarkkeyz.

Cardi B dikenal sebagai orang yang sering melakukan donasi. Beberapa waktu lalu, ia menyumbang peralatan untuk orang yang kekurangan di Nigeria. Ia juga banyak menyuarakan kemiskinan dan kehidupan baik di media sosial maupun dunia nyata. 

Di luar itu, rapper ini juga menunda perilisan single terbarunya karena isu corona: “Perilisan ditunda karena virus.” tulisnya lewat akun Twitter pribadinya, @iamcardib. Anda bisa mendengar Coronavirus remix milik Cardi B dan DJ iMarkkeyz di sini: