FIFA Evaluasi Dampak Pandemi COVID-19 pada Jendela Transfer dan Kontrak Pemain
Presiden FIFA Gianni Infantino (fifa.com)

Bagikan:

JAKARTA - FIFA telah membentuk kelompok kerja untuk melihat dampak potensial dari pandemi COVID-19 atau virus corona pada transfer pemain.

Dengan ditangguhkannya mayoritas liga di seluruh dunia karena wabah COVID-19 yang kian masif, UEFA memutuskan untuk menunda Euro 2020 satu tahun dan CONMEBOL pun menangguhkan Copa America hingga tahun 2021.

Ditundanya musim 2019-20 dapat berakibat pada pembukaan jendela transfer yang bagi sebagian besar negara Eropa akan dibuka pada bulan Juni. Untuk itu, FIFA perlu melihat status kontrak para pemain.

Melansir Soccerway, Kamis, 19 Maret, menyusul panggilan konferensi pada hari Rabu, biro dewan FIFA mengumumkan amandemen peraturan transfernya akan diperiksa.

Kelompok kerja Konfederasi FIFA akan bertanggung jawab untuk "menilai perlunya amandemen atau dispensasi sementara terhadap peraturan FIFA tentang status dan transfer pemain untuk melindungi kontrak untuk pemain dan klub dan menyesuaikan periode pendaftaran pemain". 

Tim ini juga akan melihat masalah yang berkaitan dengan kalender kompetisi dan harus tidaknya pembentukan dana dukungan potensial.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan: "Situasi luar biasa ini membutuhkan tindakan dan keputusan yang luar biasa. Krisis ini berdampak pada seluruh dunia dan itulah sebabnya solusi perlu mempertimbangkan kepentingan semua pemangku kepentingan di seluruh dunia.

"Kami telah menunjukkan lagi hari ini semangat kerja sama, solidaritas dan persatuan. Ini harus menjadi pendorong utama kami untuk maju dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua presiden konfederasi atas kontribusi dan upaya positif mereka.

"FIFA akan terus berhubungan dekat dengan semua pemangku kepentingan untuk menilai dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menangani berbagai masalah yang kita hadapi. Saya mengandalkan dukungan dari seluruh komunitas sepak bola yang bergerak maju."

Juga diumumkan bahwa Euro 2020 dan Copa America diberikan slot dari 11 Juni hingga 11 Juli dalam kalender pertandingan internasional 2021, dengan tanggal baru untuk Piala Dunia Antarklub akan ditentukan kemudian.

Selain itu, FIFA meratifikasi sumbangan 10 juta dolar Amerika Serikat untuk COVID-19 Solidarity Response Fund dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).