Pemain Asing Positif COVID-19, Liga China Ditunda Lebih Lama
Ilustrasi Liga Super China (Twitter @chinesefooty)

Bagikan:

JAKARTA - Hasil tes seorang pemain asal Brasil pada Rabu, 8 Maret dinyatakan positif COVID-19. Liga China pun ditunda lebih lama. Pemain 30 tahun itu saat ini dirawat di rumah sakit di kota Meizhou, dekat Guangzhou.

Melansir Soccerway, pejabat kesehatan setempat tidak menyebutkan nama sang pemain, namun media China mengatakan pemain itu adalah penyerang Meizhou Hakka Dorielton, dan ia menjadi kasus pertama yang dilaporkan dari kompetisi sepak bola profesional China.

Kondisi sang pemain saat ini belum diketahui. Meizhou Hakka sendiri berkompetisi di strata kedua sepak bola China. Sang pemain tiba di Bandara Guangzhou dari Bangkok, Thailand, pada Senin dan telah dibawa ke rumah sakit.

Dorielton memulai karier sepak bola profesionalnya bersama klub raksasa Brasil Fluminense. Namun, ia lebih banyak menghabiskan karier di sepak bola China. Harian Oriental Sports mengatakan segenap skuat Meizhou saat ini telah dikarantina dan musim baru ditunda lebih lama lagi. 

Seluruh kegiatan sepak bola di China sedang dihentikan sejak 30 Januari, karena pandemi COVID-19. Sebelumnya sempat timbul harapan bahwa sepak bola strata tertinggi China dapat dimulai bulan depan. Musim baru awalnya direncanakan dimulai pada 22 Februari.

"Asosiasi Sepak Bola China akan terus menjaga komunikasi yang erat dengan otoritas nasional, menentukan waktu pertandingan setiap musim dalam kombinasi dengan perkembangan aktual dari situasi epidemi dan membuat penyesuaian yang masuk akal pada sistem, jadwal, dan skala beberapa peristiwa jika diperlukan," dalam sebuah pernyataan yang dibacakan pada hari ini.

"Informasi yang relevan akan dirilis pada waktunya melalui saluran resmi CFA.

"Atas nama mayoritas pekerja sepak bola di seluruh negeri, Asosiasi Sepak Bola China memberikan penghormatan mendalam kepada semua pekerja medis dan staf yang saat ini berjuang di garis depan pencegahan dan kontrol epidemi!"