Tips Nyaman dan Aman Bekerja dari Rumah Tanpa <i>Worry</i>
Ilustrasi bekerja dari rumah (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Kian bertambahnya angka kasus positif coronavirus atau COVID-19, membuat pemerintah menerapkan kebijakan agar masyarakatnya bekerja di rumah atau work from home. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona.

Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah terdengar lebih menyenangkan. Namun faktanya, bekerja dengan kondisi seperti ini membutuhkan sikap disiplin lebih tinggi dan manajemen waktu yang sangat baik.

Terlebih dengan kecanggihan teknologi, hal ini bukan menjadi halangan atau masalah. Asalkan koordinasi dalam bekerja secara online tidak terganggu, karena masalah koneksi atau serangan cyber dan malware.

Hal itu pun dibenarkan oleh peneliti keamanan Kaspersky, David Emn, menurutnya fenomena remote working atau work from home akan sangat rentan dengan masalah keamanan digital. Tak menutup kemungkinan traffic jaringan internet akan melonjak dan risiko gangguan cyber seperti e-mail spam, phishing dan malware akan ikut meningkat. 

"Kami akan mendorong para perusahaan untuk sangat waspada saat ini, dan memastikan karyawan yang bekerja di rumah tetap berhati-hati,” kata David dalam keterangan resminya, Selasa, 17 Maret.

David menjelaskan, ancaman malware atau virus akan sangat rentan terjadi dalam setiap tranksasi informasi digital. Sebab tidak ada proteksi digital tambahan dari tim IT bila gangguan semacam itu terjadi di luar kantor. 

"Memastikan karyawan mengetahui risiko, dan melakukan berbagai cara untuk mengamankan akses jarak jauh bagi mereka yang terisolasi atau bekerja dari rumah dengan jaringan perusahaan," tambahnya.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut VOI berikan tips aman bekerja dari rumah tanpa khawatir menyoal keamanan cyber:

1. Menggunakan server VPN terpercaya yang telah disepakati karyawan, sebelum bekerja dari rumah agar tetap terhubung dengan jaringan perusahaan secara aman.

2. Gunakan aktivirus pada perangkat yang terkoneksi dengan jaringan perusahaan. Hal ini termasuk pula untuk laptop mau pun smartphone pribadi.

3. Selalu menerapkan pembaruan terbaru untuk sistem operasi dan aplikasi.

4. Batasi hak akses pihak mana saja yang dapat terhubung ke jaringan perusahaan, Anda bisa meminta bagian IT untuk atasi hal ini sebelum mulai bekerja dari rumah.

5. Pastikan untuk tidak membuka atau mengunduh file situs-situs tidak dikenal, selama melakukan pekerjaan dari rumah.  

6. Selalu membuat cadangan data penting, setiap menyelesaikan pekerjaan untuk menghindari kerentanan gangguan koneksi dan kerusakan data.