Ketika Suara Bising di Kantor Mengganggu Pekerjaan

Ketika Suara Bising di Kantor Mengganggu Pekerjaan

Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Aktivitas yang dilakukan dalam kantor setiap hari membuat seseorang dapat terbiasa dengan suara-suara kecil seperti nada ketik komputer, penutup pulpen yang ditekan berulang kali, atau suara siulan dari teman sekantor. Untuk sebagian orang mungkin suara itu hanya detail kecil yang mengisi kekosongan situasi kantor, tetapi untuk sebagian lainnya suara ini dapat mengganggu kinerja mereka.

Pembahasan ini dimulai melalui sebuah utas Reddit yang populer, beberapa pengguna mengeluhkan tentang suara kecil yang sering mereka dengar ketika bekerja di kantor. Dilansir dari BBC, Minggu, 24 November, seorang pengguna mengaku merasa terganggu dengan wanita di samping mejanya yang sering mengocok sisa es dalam gelas plastik. Pengguna yang lain juga mengungkapkan ia sampai hafal jenis makanan yang dikunyah teman kantornya karena bunyinya yang kencang, apapun itu.

Suara bising nyatanya memang memengaruhi seseorang dalam kapasitas bekerja secara berbeda. Ada yang bisa menikmati suara bising tanpa terganggu, seperti suara musik.

Sebuah studi pada tahun 2011 yang melibatkan 300 karyawan di Inggris menunjukkan rata-rata menghabiskan sepertiga pekan kerja mereka dengan mendengarkan musik dari berbagai genre. Berbagai alasan disebutkan, beberapa mengatakan itu bisa membantu produktif mereka, ada juga yang menggunakan musik sebagai pengalih perhatian saat bekerja. Ini berarti mendengarkan musik bisa jadi penolong untuk langkah produktif dalam bekerja.

Misofonia adalah sebutan kelainan misterius di mana suara yang didengarkan sehari-hari bisa memicu kecemasan, kemarahan, atau rasa panik yang luar biasa. Suara sekecil apapun bisa menganggu orang yang mengalami misofonia.

Penelitian tentang misofonia pada 2017 menunjukkan bahwa “pemicu suara” biasanya mengarah kepada reaksi yang kuat dalam memproses emosi. Emosi juga menjadi sinyal tubuh seperti rasa sakit.

Namun, sebuah penelitian menyatakan meskipun seseorang suka mendengarkan musik, ada lebih baik jika seseorang bekerja dalam kesunyian. Masih dilansir dari BBC, Nick Perham, seorang psikolog di Cardiff Metropolitan University mengatakan beberapa tugas mengharuskan Anda untuk menggunakan langkah batin dalam mencoba mengingat berbagai hal.

Mengenai musik, Perham menjelaskan kebanyakan orang tampil lebih buruk ketika diminta mengingat sesuatu berurutan karena terlalu sering mendengarkan musik.

Tren suara bising yang dilakukan oleh kantor terbuka ini tidak bisa dilakukan secara universal. “Saya pikir penting untuk menyadari bahwa tidak semua orang bekerja dengan baik dalam lingkungan kantor terbuka yang bising,” jelas Courtney von Hippel, seorang psikolog di University of Queensland.

 

Tag: Musik