Menilik Kemampuan <i>Chipset</i> Baru A14 untuk iPhone 12
Prosessor Appe A14 Bionic (Reddit)

Bagikan:

JAKARTA - Apple telah mempersiapkan berbagai pembaruan untuk merilis smartphone flagship terbarunya, yakni iPhone 12. Meski jadwal perilisannya harus tertunda karena virus corona, Apple dikabarkan telah merampungkan chipset A14 bionic generasi terbaru.

Diketahui bahwa saat ini TSMC selaku perusahaan semikonduktor langganan Apple bakal segera memproduksi chipset Apple A14 dengan fabrikasi 5nm yang akan digunakan pada smartphone Apple selanjutnya yaitu iPhone 12 Series. Chipset A14 ini telah mendukung konektivitas 5G.

Dilansir dari 9to5mac, fabrikasi 5nm pada chipset A14 bionic ini merupakan peningkatan besar untuk seri Apple terbaru. Kemampuan ini bahkan setara dengan chipset yang tertanam pada iPad Pro 2019. 

"Jika kita mengambil TSMC tentang peningkatan kepadatan transistor dari proses 5nm, kita sedang melihat 15 miliar transistor yang luar biasa. Itu lebih dari segalanya kecuali CPU dan GPU desktop dan server kelas atas terbesar," ungkap Jason Cross dari MacWorld.

Secara spesifikasi, Apple menggunakan litografi ultraviolet ekstrim (EUV) secara menyeluruh pada chipset barunya ini. Hal ini memungkinkan kinerja prosessor A14 bionic berkerja 15 persen lebih cepat dengan daya minimum ketika menyangkut kinerja multi-core.

"Kombinasi perubahan arsitektur dan kecepatan waktu akan memberikan hasil yang baik. Saya tidak akan terkejut jika skor multi-core Geekbench 5 merangkak hingga 5.000 atau lebih," paparnya. 

Hasil penghitungan GPU A14 Bionic (dok. Appleinsider)

"Untuk apa nilainya, ponsel Android tercepat memiliki skor sekitar 3.000 pada tes ini, dan skor 5.000 akan mirip dengan CPU pada desktop mainstream 6-core atau CPU laptop kelas high-end. Mirip dengan MacBook Pro 15 inci," tambah Jason.

Menurut Jason, dengan kinerja dapur pacu GPU dan RAM 6GB memungkinkan iPhone 12 series dapat bekerja lebih cepat dari ponsel pendahulunya. Menyoal game, Apple mengklaim A14 bisa menunjukkan performa terbaiknya pada layanan Apple Arcade.

Dengan anggaran transistor yang lebih tinggi, dan diberikan oleh proses pembuatan 5nm, diduga Apple akan menambahkan core Neural Engine (NE) pada chipset tersebut. Dengan memadukan CPU, GPU DAN NE membuat A14 setidaknya dua kali lebih cepat daripada chipset lamanya A13.

Jadi, dengan membenamkan chipset A14 di iPhone 12 diharapkan akan menjadi chip pertama Apple dengan decoding hardware dari video codec AV1. Itu artinya prosessor ini bisa mempresentasikan olah video dengan lebih mumpuni, dengan kualitas gambar yang lebih baik.