Gantikan SBY, Agus Harimurti Yudhoyono Jabat Ketum Partai Demokrat
Agus Harimuti Yudhoyono. (Twitter @AgusYudhoyono)

Bagikan:

JAKARTA - Putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), secara resmi menggantikan ayahnya menjadi Ketua umum Partai Demokrat. Keputusan itu diambil secara aklamasi dalam sidang paripurna Partai Demokrat 2020-2025.

"Betul, terpilih secara aklamasi," ujar Kadiv Hukum dan Advokasi Partai Demokrat Ferdinand Hutahean, dalam pesan singkatnya, Minggu, 15 Maret.

Keputusan itu diambil setelah sidang paripurna oleh seluruh peserta Kongres V Partai Demokrat 2020 di JCC Senayan, Jakarta. Di mana hasilnya, AHY yang mendaftarkan diri sebagai caketum mendapatkan 93 persen dukungan suara dari DPD maupun DPC.

Mayoritas dukungan itu secara otomatis memuluskan jalan AHY menjadi ketum dan menggantikan posisi yang sebelumnya diemban SBY sejak 2013-2020. 

Dalam pidato pertamanya sebagai ketum, Agus berterima kasih kepada sejumlah pihak yang turut mendukungnya. Secara khusus ucapan terima kasih ditujukannya kepada eks Ketum Partai Demokrat sebelumnya sekaligus ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono.

Ia meminta para kader PD menghormati SBY sebagai founding father Partai Demokrat, atas jasa dan pengabdiannya selama menjadi Ketum PD. Untuk itu dirinya mengajak kader PD agar saling bahu membahu dalam membangun Indonesia.

"Kita bersama-bersama semua kader PD jika kita ingin mewujudkan tujuan besar tadi mari kita bergandengan tangan dan InsyaAllah kita sampai ke tujuan lima tahun mendatang," kata AHY.

Ada 10 program unggulan yang akan dilakukan AHY untuk Partai Demokrat, selama lima tahun ke depan. Salah satunya merebut sebanyak-banyaknya suara generasi muda, untuk ikut bergerak dan bergabung bersama membangun negeri.

Berikut 10 program unggul Partai Demokrat 2020-2025:

1. Mencetak SDM yang unggul dan militan.

2. Memperkuat kepemimpinan dan manajemen yang efektif.

3. Modernisasi Partai Demokrat menuju smart party.

4. Memperkuat komunikasi politik yang efektif di setiap lini.

5. Meningkatkan program-program pengabdian masyarakat.

6. Membuka dan memperluas jaringan konstituen.

7. Memenangkan suara generasi muda.

8. Menyukseskan pemilihan pilkada 2020.

9. Menyukseskan pemilihan legislatif 2024

10. Menyukseskan pemilihan presiden 2024