Tentang Billie Eilish yang Buka Baju di Atas Panggung
Billie Eilish (Twitter @billieeilish)

Bagikan:

JAKARTA - Billie Eilish dikenal sebagai penyanyi yang sering mengenakan baju berukuran besar. Tetapi penampilan berbeda ia tunjukkan saat konser When We All Fall Asleep Where Do We Go di Miami. Sebuah interlude video memperlihatkan Eilish berjalan ke belakang panggung sambil membuka lapisan baju yang menutupinya secara perlahan.

Penampilan itu ia narasikan dengan sebuah kalimat: “Beberapa orang membenci apa yang saya pakai, beberapa orang memujinya. Beberapa orang menggunakannya untuk mempermalukan orang lain, beberapa lainnya mempermalukan saya. Tetapi saya merasa kamu selalu memperhatikan.”

Sering memakai pakaian tertutup, Eilish selalu berani berbicara soal tubuhnya. Pada sebuah sesi wawancara dengan majalah Elle, ia mengatakan ada hal di mana seseorang yang memiliki dada kecil bisa memakai tank top dan saat ia memakai pakaian yang sama, ia akan diperbincangkan karena ukuran dadanya yang besar. “Itu membuat saya marah. Saya harus memakai kaos besar untuk Anda agar tidak merasa nyaman tentang dada saya!”

Lanjutnya, dalam video di konser tersebut, penyanyi berumur 18 tahun ini kembali berbicara. “Apakah bahu saya memprovokasi Anda? Apakah dada saya?... Tubuh saya sejak lahir bukankah ini yang Anda inginkan? Meskipun Anda belum pernah melihat badan saya, Anda masih menghakiminya dan menghakimi saya untuk itu.”

Tahun lalu, sebuah video yang memperlihatkan dirinya memakai tank top putih bersebaran di linimasa Twitter. Tidak sedikit orang yang mengatakan hal-hal seksual mengenai dirinya dalam video tersebut, meskipun ia hanya terlihat berjalan di antara penggemarnya di sepanjang video. Ternyata Eilish tahu tentang video tersebut dan itu membuatnya makin tidak suka memakai baju terbuka di hadapan publik.

“Jika saya mengenakan baju lebih tertutup, atau lebih terbuka. Lantas siapa yang berhak menghakimi saya? Apakah nilai saya berdasarkan perspektif Anda? Atau apakah pilihan Anda terhadap saya bukan tanggung jawab saya?,” demikian pernyataannya mengenai orang-orang yang suka menentukan ‘nilai’ seseorang berdasarkan ukuran tubuhnya.

Sepanjang kariernya, pelantun lagu Bad Guy ini tidak pernah terbuka soal pakaiannya tetapi ia selalu menyuarakan opini terkait perempuan yang seringkali mendapat penghakiman serta pelecehan verbal atas pakaian yang dikenakan. VCR ini bisa jadi bagaimana Eilish mengingatkan orang-orang untuk berhenti menghakimi apapun yang ia atau perempuan lain kenakan. Karena pakaian bukanlah garis penentunya, tetapi karya yang ia hasilkan adalah garis akhirnya.

Di luar soal pakaian, Eilish baru saja menunda tur konser When We All Fall Asleep Where Do We Go di belahan Amerika Utara akibat wabah COVID-19 atau virus corona sampai waktu yang belum tentukan. Tur dunia ini rencananya membentang sampai Indonesia pada 7 September 2020 mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD.