Hal Mistis sampai Illuminati Ikut Mewarnai Hoaks COVID-19 di Indonesia
Ilustrasi berita hoaks (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mengidentifikasi kabar hoaks dan disinformasi terkait wabah coronavirus atau COVID-19. Setidaknya sudah ada 179 hoaks yang berhasil diidentifikasi Kominfo di jagat media sosial tanah air. 

Ratusan hoaks yang tersebar di masyarakat Indonesia dianggap menggangu ketertiban umum dan meresahakan. Bahkan Kominfo telah menyeret lima kasus hoaks seputar virus corona ke ranah hukum.

"Karena kasusnya sudah kebangetan, jadi siapapun yang mendesain kabar hoaks ingin menciptakan suasana tidak kondusif, ya kita langsung proses," ungkap Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan saat dihubungi VOI.

Dikatakan pria yang akrab disapa Semmy ini, hoaks yang beredar di masyarakat kerap dikaitkan dengan berbagai hal, salah satunya mistis dan illuminati. Hal ini semakin merebak sejak jumlah pasien virus corona terus bertambah.

Sejatinya Menkominfo Johnny G Plate telah mengimbau masyarakat dan warganet untuk ikut memantau penyebaran informasi seputar virus Corona. Kata Plate, Kominfo tak akan segan-segan untuk memberikan denda maksimal bagi penyebar informasi hoaks.

"Undang-undang sudah mengatur sanksi kalau menyebarkan hoaks, ada sanksi pidana, ada sanksi material (denda). Pidananya enam tahun, materialnya hampir satu miliar. Kami Kominfo sudah berkoordinasi dengan kepolisian RI untuk mengambil tindakan penegakan hukum," ujar Plate beberapa waktu lalu.

Kominfo mengimbau masyarakat, jika mendapatkan informasi yang diduga hoaks, disinformasi atau kabar bohong, maka dapat melaporkan ke aduankonten.id, pesan WhatsApp di nomor 0811 922 4545 atau email di [email protected].

Berikut sejumlah kabar hoaks terkait virus corona yang beredar di masyarakat:

1. Nota Dinas Penanganan Pasien Suspect Virus Corona di RSUD Bengkalis

2. Konsumsi Babi Penyebab Masuknya Virus Corona Covid-19 ke Jakarta

3. Corona Sudah Sampai di RSUD Leuwiliang

4. Turis China Tidak Masuk dalam Daftar Larangan Masuk dan Transit ke Indonesia

5. Beberapa Hewan Mati Mendadak di Cibarusah (Bekasi) Karena Corona

6. Nahkoda di Tanjung Priok Terindikasi Corona

7. Dua Warga Suspek Corona di Klaten

8. Pasien Asal Angsana Suspect Corona di RSUD Ulin Banjarmasin

9. Pasien RS Pasar Rebo Positif Virus Corona

10. Rumah Sakit Meuraxa Sudah Ada Pasien Virus Corona

11. Warga Pamekasan Tersuspect Virus Corona

12. Warga Kaliajir Positif Virus Corona

13. Seorang Wanita Terinfeksi Virus Corona di Kupang, NTT

14. 7 Warga Kalbar Ditolak di PLBN Entikong karena Virus Corona

15. Orang yang Bergolongan Darah O Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona