Festival Coachella yang Digelar April Diundur Jadi Oktober
Festival Coachella (Foto: Twitter @Coachella)

Bagikan:

JAKARTA - Merebaknya virus corona dikhawatirkan penyelenggara sejumlah acara, tidak terkecuali festival konser.

Setelah menjadi simpang siur, hari ini, Rabu, 11 Maret, Coachella resmi mengundur festival yang seharusnya berjalan untuk dua minggu yaitu 10-12 April dilanjutkan 17-19 April. Bertempat di California, Coachella menunjuk Rage Against the Machine, Travis Scott, dan Frank Ocean.

Melalui akun Twitternya @coachella, Goldenvoice sebagai promotor menyatakan mundurnya festival ini karena perhatian mereka terhadap isu virus corona atau COVID-19.

Mereka meminta penonton dan penyelenggara untuk peduli dengan kesehatan dan mereka mencoba bernegosiasi dengan pihak-pihak artis yang dijadwalkan akan tampil di Coachella 2020.

Tanggal baru pun diumumkan. Pihak Coachella juga menulis 9-11 Oktober serta 16-18 Oktober sebagai tanggal baru pelaksanaan konser ini.

Pemegang tiket yang sudah membeli tiket untuk April langsung dialokasikan untuk acara di bulan Oktober, tetapi bagi mereka yang tidak bisa menghadiri acara, mereka bisa melakukan refund kepada Goldenvoice.

Hal ini dilakukan setelah pemerintah California mengonfirmasi 167 kasus serta 2 meninggal pada hari Selasa, 10 Maret. Pihak Goldenvoice juga menghindari kata batal karena masih memerlukan penonton.

Namun, keputusan ini disayangkan pihak penggemar, terutama bagi mereka yang sudah memesan jauh-jauh hari.

Sejumlah musisi dijadwalkan tampil untuk penggemar pertama kali atau melakukan reuni. Di antaranya, di panggung utama ada Rage Against the Machine sebagai band rock, panggung pertama Frank Ocean di Coachella, comeback BIGBANG yang dinanti-nantikan VIP (sebutan penggemar BIGBANG), dan masih banyak lagi.

Selain Coachella, festival musik Stagecoach yang dipegang oleh Goldenvoice juga diundur dari tanggal awal yaitu 24-26 April 2020. Festival musik country yang berada di dalam California itu juga menetapkan tanggal 23-25 Oktober 2020 mendatang menyusul Coachella.

Coachella dan Stagecoach adalah dua acara festival terakhir yang memutuskan mengundur acara setelah South by Southwest (SXSW) dan Ultra Festival yang membatalkan keseluruhan acara. Beberapa konser seperti tur Pearl Jam, konser Madonna, serta kunjungan Miley Cyrus ke Austalia dibatalkan terkait isu virus corona.

Sejumlah musisi yang dijadwalkan mengunjungi benua Asia juga harus membatalkan keseluruhan tur Asia mengingat Asia adalah salah satu benua yang mendapat isu virus corona. Mulai dari Green Day, Stormzy, Khalid, Slipknot, Kiss, Avril Lavigne, Foals, The National, dan BTS harus membatalkan tur demi keselamatan seluruh penggemar.