Tahun Depan, SpaceX Siap Antar Turis ke Luar Angkasa
Ilustrasi perjalanan ruang angkasa (Twitter @SpaceX)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan antariksa SpaceX membuka kesempatan bagi tiga turis beruntung, yang ingin terbang ke luar angkasa. Nantinya mereka akan menikmati perjalanan ruang angkasa, selama 10 hari dan menginap di International Space Station (ISS).

Paket perjalanan ini, merupakan jasa yang ditawarkan oleh Axiom Space, sebuah startup yang bermarkas di Houston, Texas. Nantinya para turis ini akan terbang menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX pada 2021 mendatang. 

Untuk mengikuti trip luar angkasa ini, setiap orangnya dikenakan biaya sekitar 55 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp787 miliar dengan kurs saat ini.

Mengutip dari laman The Verge, satu tiket perjalanan ke luar angkasa ini telah dipesan oleh seseorang. CEO Axiom, Michael T Suffredini mengatakan, kalau penerbangan ini akan menjadi perjalanan komersil pertama dengan membawa wisatawan ke luar angkasa. 

"Ini akan menjadi penerbangan bersejarah ini dan mewakili momen penting dalam perjalanan menuju akses universal dan rutin ke luar angkasa,"

CEO Axiom, Michael T. Suffredini

Sebagai informasi, Axiom adalah perusahaan pariwisata antariksa kedua yang telah bekerjasama dengan perusahaan milik Elon Musk tersebut. Dijuliki Space Adventures, mereka mengatakan akan meluncurkan warga negara untuk mengorbit dalam kapsul Crew Dragon juga.

Penerbangan orbital itu akan berlangsung hingga lima hari, tetapi tidak berlabuh bersama ISS. Axiom juga mengatakan mungkin ada lebih banyak perjalanan ke ISS setelah proyek ini.

"Penerbangan sejarah ini akan mewakili momen penting dalam perjalanan menuju akses universal dan rutin ke ruang angkasa. Ini akan menjadi yang pertama dari banyak misi ke ISS yang sepenuhnya diawaki dan dikelola oleh Axiom Space yang pertama untuk entitas komersial. Pengadaan transportasi menandai kemajuan signifikan menuju tujuan itu, dan kami senang bisa bekerja sama dengan SpaceX dalam upaya ini," ujar Suffredini.