Tidur di Akhir Pekan Tidak Membayar Kurang Tidur di Hari Biasa
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Padatnya aktivitas setiap hari terkadang membuat kita kesulitan untuk tidur sesuai aturan yaitu delapan jam. Bayangkan, pergi beraktivitas dari pagi dan baru bisa kembali ke tempat tidur pada waktu malam.

Belum lagi jika ada beberapa urusan yang perlu diselesaikan meskipun bukan jam bekerja. Sebuah penelitian yang dilakukan Current Biology menemukan fakta jika orang-orang yang tidur sedikit di saat hari-hari biasa dan mencoba memenuhi itu di akhir pekan, menjadi tidak sehat dibandingkan orang yang memang terbiasa tidur pada waktu sedikit.

Seperti yang diketahui, orang dewasa dianjurkan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam tetapi tidak semua orang bisa merasakan hal tersebut. Pemenuhan tidur saat akhir pekan ini justru menambah berat badan dan kemungkinan besar penyakit seperti diabetes bisa dirasakan. Ini disebabkan karena kurang tidur bisa mengurangi metabolisme tubuh.

 

Penelitian ini dilakukan kepada tiga grup partisipan. Mereka diperintahkan untuk tidur pada jam 11 malam dan bangun pada 8 pagi.

Malam-malam berikutnya, bisa ditebak jadwal tidur mereka sudah berubah dari jadwal pertama. Para partisipan juga mengalami perubahan pada konsumsi makanan, durasi jam tidur, serta metabolisme.

Setiap orang memiliki alarm internal dimana tubuh kita biasanya memberikan ‘sinyal’ ketika organ merasa letih dan membutuhkan istirahat. Tapi, jika hal tersebut tidak dapat dipenuhi, maka metabolisme tubuh bisa memiliki efek samping yang mengarah kepada negatif.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghindari diri dari penyakit. Pertama, tetap biasakan diri tidur pada jam yang sama setiap hari.

Menjadi konsisten adalah kunci agar tubuh kita beradaptasi dengan keadaan kita. Selain itu, hindari mengonsumsi cemilan saat malam untuk mengurangi metabolisme negatif serta efek samping menjadi jam tidur yang lamban.

Semakin Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, Anda semakin dilarang untuk mengonsumsi makanan saat malam hari. Hal tersebut mungkin hanya berguna untuk beberapa saat tetapi jika Anda terbiasa melakukannya, lama kelamaan Anda akan mendapat kualitas tidur yang Anda inginkan.