Tingkatkan Kualitas Tidur Anda dengan Cara Ini
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi para pekerja, hidup tidak melulu soal meningkatkan pekerjaan, namun juga kualitas istirahat yang dimiliki. Bukan rahasia jika tidur itu bisa meningkatkan kualitas produktivitas kita. Jika Anda merasa kualitas tidur Anda berkurang, berdasarkan National Sleep Foundation, ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

Berpikir Positif

Seringkali, kesibukan membuat kita merasa stres dan memiliki pikiran negatif. Ini yang perlu diubah dari kebiasaan tersebut. Ambil waktu sebentar untuk menenangkan diri ketika merasa kita kekurangan ide sehingga kita bisa melanjutkan aktivitas dengan baik.

Memilih Makanan

Menjaga rutinitas tidak hanya dari luar tetapi juga dari dalam. Mulai mengubah pola makanan yang Anda konsumsi. Salah satunya dengan menghindari konsumsi produk yang menggunakan gula olahan untuk meningkatkan energi sepanjang hari. Selain itu, kurangi kebiasaan memakan cemilan sebelum tidur.

Berolahraga Secara Reguler

Dengan pekerjaan yang menuntut kita, olahraga sangat dibutuhkan di sela-sela kesibukan. Jika Anda tidak sempat meluangkan waktu untuk pergi ke tempat olahraga seperti lapangan atau tempat fitness, Anda bisa meluangkan 10 menit untuk sekadar stretching sejenak. Gerakan tangan dan kaki Anda setelah beraktivitas di depan laptop.

Kurangi Penggunaan Elektronik

Ternyata tidak hanya soal pemilihan lampu dan tirai, penggunaan elektronik juga menjadi permasalahan kualitas tidur. Cahaya yang dihasilkan oleh elektronik menghasilkan reaksi melatonin yang bisa mengingatkan badan kapan harus tidur. Langkah terbaik untuk meningkatkan tidur adalah dengan menjauhkan segala jenis elektronik seperti telepon genggam, laptop, dan tablet sebelum tidur. Usahakan menjauh beberapa jam sebelum tidur dan mencari aktivitas lain yang tidak menggunakan elektronik.

Menggunakan Tirai Berwarna Gelap

Ruangan gelap mendukung tidur yang lebih baik karena paparan cahaya bisa mengganggu ritme sirkadian yang merupakan siklus tidur yang diulangi selama 24 jam. Untuk Anda yang memiliki rumah yang tinggal di jalan atau tempat matahari terbenam, Anda bisa memasang tirai tebal di atas jendela. Tirai berwarna gelap juga dipercaya bisa menghalau sinar matahari.