Penderita COVID-19 Hadiri Konser TOOL
TOOL (Instagram @toolmusic)

Bagikan:

JAKARTA - Menurut New Zaeland Herald, seorang pria yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 menghadiri konser TOOL di Auckland pada 28 Februari lalu. Dia berada di area sebelah kiri depan di Spark Arena.

Pria itu, pasangan dari perempuan yang dinyatakan positif mengidap corona pada hari Rabu, telah mengasingkan diri sejak kemarin. Pasangan ini kembali dari Italia utara pekan lalu.

Direktur Jenderal Kesehatan Ashley Bloomfield mengatakan kepada media: "Kami mendorong semua orang di area konser untuk mewaspadai gejala dan menghubungi Healthline (penyedia informasi kesehatan) jika khawatir. Sarannya adalah, risikonya sangat rendah bagi siapa pun yang menghadiri konser ini," melansir Blabbermouth, Jumat, 6 Maret. 

"Tidak ada cara untuk melacak orang-orang yang berada di area konser itu. Mereka digolongkan sebagai kontak kausal dan saran kepada mereka adalah memanggil Healthline jika mereka memiliki gejala apapun."

Hingga Kamis, lebih dari 97.800 orang terinfeksi virus corona di seluruh dunia, dengan setidaknya 3.300 kematian. Di Amerika Serikat, ada sekitar 200 kasus yang dikonfirmasi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pengendalian Penyakit (CDC), virus corona diperkirakan menyebar terutama dari orang ke orang - antara orang-orang yang berhubungan erat satu sama lain (dalam jarak sekitar enam kaki), dan melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. 

Tetesan ini dapat mendarat di mulut atau hidung orang yang berada di dekatnya atau mungkin terhirup ke dalam paru-paru.

Badan ini merekomendasikan agar orang menghindari "kontak dekat" dengan siapa pun yang menunjukkan gejala seperti flu.

Ketika penyakit yang secara resmi disebut COVID-19 terus menyebar, penyelenggara konser telah membatalkan atau menunda acara di seluruh dunia.

Perkiraan awal menunjukkan, tingkat kematian yang terkait dengan COVID-19 adalah antara satu dan dua persen, yang lebih tinggi dari tingkat kematian rata-rata yang terkait dengan jenis flu musiman, sekitar 0,1 persen.