Ada COVID-19, Kewaspadaan di Pelabuhan Ditingkatkan
Pemeriksaan penumpang di pelabuhan. (Foto: Pelindo 1)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengawasan terhadap pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) di seluruh pelabuhan yang menjadi pintu masuk ke Indonesia baik domestik maupun internasional.

"Itu sejalan dengan arahan Pemerintah dalam Surat Edaran Kementerian BUMN dengan Nomor SE-1/MBU/03/2020 tentang kewaspadaan terhadap penyebaran Corona Virus Disease," ujar SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1 M. Eriansyah dalam keterangan yang dikutip, Jumat 6 Maret.

Tak hanya itu, kata dia, Pelindo 1 juga melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus untuk seluruh penumpang, awak kapal, dan seluruh pegawai serta stakeholders terkait di lingkungan Pelindo 1.

"Upaya pengawasan yang dilakukan Pelindo 1 dilakukan sejak kapal akan bersandar di pelabuhan dengan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani setelah berstatus bebas karantina," jelasnya.

Upaya ini diterapkan di seluruh pelabuhan milik Pelindo 1 yang meliputi provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau yang melayani bongkar muat kargo domestik maupun internasional terutama dari negara asal kargo (impor) yang terdampak virus corona.

Untuk area terminal penumpang, telah dipasang thermal scanner untuk pemeriksaan suhu tubuh para penumpang di seluruh terminal penumpang yang meliputi: Terminal Penumpang Tanjungpinang, Belawan, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, dan Dumai. Para penumpang yang turun dari kapal langsung dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Pelindo 1 memasang papan informasi yang berisi tentang bahaya corona virus serta cara pencegahannya, menyediakan hand sanitizer serta membagikan masker kepada para penumpang.

Pelindo 1 juga terus berkoordinasi dengan KKP dan atau Dinas Kesehatan setempat, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, dan Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan dan Kantor Syahbandar serta sejumlah instansi terkait lainnya dalam pengawasan dan pencegahan penyebaran Virus Corona.

Pelindo 1 mewajbkan seluruh petugas operasional dan para pandu untuk selalu menggunakan masker khusus, Alat Pelindung Diri (APD), kaca mata, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya.

Selain itu, Pelindo 1 juga melakukan sosialisasi antisipasi penyebaran Virus Corona kepada para pegawai di seluruh cabang Pelindo 1. Upaya yang dilakukan meliputi: melakukan pemeriksaan suhu tubuh para pegawai saat memasuki wilayah kantor, mensosialisasikan tata cara mencuci tangan secara teratur, menyediakan hand sanitizer di beberapa tempat, memasang poster informasi, mengimbau kepada pegawai yang terkena batuk dan flu untuk menggunakan masker serta mengambil cuti bagi yang sakit, dan menangguhkan perjalanan ke luar negeri terutama ke negara yang terdampak COVID-19.

M. Eriansyah menerangkan bahwa berbagai upaya pencegahan penyebaran virus corona telah dilakukan Pelindo 1 sejak awal tahun 2020.

"Pelindo 1 turut aktif dalam melakukan pengawasan dan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona di lingkungan Pelindo 1 baik itu untuk awak kapal, penumpang, pegawai, dan juga melalui media sosial untuk masyarakat umum. Pelindo 1 terus mendukung pemerintah dalam upaya penanganan dan pencegahan wabah Corona,” terang M. Eriansyah.